UNAIR Galang Donasi untuk Bantu Jatim Bangkit dari Musibah Bencana Alam

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PENYALURAN bantuan kepada para korban bencana banjir di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Kamis (11/02/2021) kemarin. (Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Beberapa waktu terakhir, kabar duka dari Jawa Timur tak kunjung usai. Pasalnya, sejumlah daerah silih berganti dilanda bencana alam. Mengetahui hal tersebut, Universitas Airlangga (UNAIR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) melakukan penggalangan dana demi meringankan beban para korban yang terdampak.

Ketua PUSPAS UNAIR Dr. Wisudanto SE., MM, CFP, ASPM. mengatakan, PUSPAS telah berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) untuk melakukan penggalangan dana. Program tersebut, lanjutnya, dikoordinasi oleh LPPM UNAIR secara terstruktur.

“Koordinasinya dengan LPPM, sedangkan kami (PUSPAS, Red) yang melakukan crowdfunding. Sehingga bantuan yang disalurkan bisa tersampaikan kepada para korban bencana dengan efektif,” jelasnya dalam wawancara Jumat (12/02/2021).

Seluruh dana yang telah terkumpul nantinya akan disalurkan melalui program-program terstruktur LPPM UNAIR yang terintegrasi dengan seluruh fakultas. “Hasil donasi 100 persen disalurkan melalui program-program terstruktur di bawah koordinasi LPPM UNAIR,” terangnya.

Diketahui, LPPM telah menggagas sejumlah program khusus untuk membantu pemulihan Jawa Timur dari musibah bencana. Salah satunya adalah yang tengah dilakukan di Jombang.

Dr. Gadis Meinar Sari, dr., M.Kes selaku Ketua LPPM UNAIR menyebutkan, hingga Jumat (12/02/2021) bantuan untuk korban bencana banjir di Jombang masih berjalan. Bantuan yang disalurkan antara lain berupa obat-obatan, makanan, bantal, selimut, pakaian layak pakai, susu bayi, hingga pemeriksaan kesehatan di tenda pengungsian.

Sementara itu, sejumlah tim relawan gabungan dari mahasiswa, dosen, alumni bersama dengan RSUD Dr Soetomo, RS Unair, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan beberapa Ikatan Profesi juga turut membantu. “Kemarin kita adakan pemasangan filter air dan pemeriksaan kesehatan warga serta ibu hamil di Puskesmas Pembantu Sumber Kedung Mulyo. Ada beberapa mahasiswa dan dosen dari FST dan FK yang terlibat,” ujar Gadis.

Wisudanto menuturkan, PUSPAS akan mengakomodir seluruh bantuan yang diterima. Posko bantuan yang sifatnya fisik juga akan didirikan.

“Hari Senin nanti InsyaAllah akan kita dirikan posko untuk menerima bantuan-bantuan yang sifatnya fisik. Misalnya ada yang ingin membantu apapun, pakaian bekas dan lain sebagainya, bisa datang ke kantor puspas,” imbuhnya.

Dia berharap, banyak bantuan datang dari masyarakat Jawa Timur khususnya sivitas UNAIR. Dengan begitu para korban terdampak bencana dapat bangkit kembali.

Sebagai informasi, donasi dapat disalurkan melalui Virtual Account Mandiri 88078-22222 dengan menambahkan Rp21.00 sebagai kode transaksi. Lalu melakukan konfirmasi melalui Whatsapp PUSPAS di 0822-5228-8774.

“Kita berharap bantuan ini selain meringankan beban para korban, juga dapat membantu masyarakat Jawa Timur bangkit kembali,” harapnya. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu