Tingkatkan Kreativitas Anak-Anak, KKN UNAIR Adakan Festival Kaligrafi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Belajar Bersama Masyarakat (BBM) UNAIR Ke-63, kelompok 170 mengadakan kegiatan festival kaligrafi pada Rabu (27/1/2021). Kegiatan diadakan di Panti Asuhan Muhammadiyah, Semampir, Surabaya, dengan mengikutsertakan anak-anak dari panti asuhan yang berusia lima hingga tujuh belas tahun.

Pada festival tersebut, terdapat dua lomba yang dapat diikuti anak-anak. Yaitu lomba mewarnai gambar kaligrafi dan lomba menulis ulang tulisan bacaan Al-Qur’an yang telah disediakan oleh panitia.

“Lomba mewarnai kaligrafi dapat diikuti oleh seluruh anak panti asuhan, sementara lomba menulis ulang tulisan bacaan Al-Qur’an hanya diikuti oleh anak yang sudah remaja,” jelas Satrio Suryo Utomo selaku ketua panitia kegiatan.

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) yang akrab disapa Satrio tersebut juga menjelaskan bahwa festival kaligrafi tersebut diadakan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak. Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk melatih anak-anak agar lebih inovatif.

Peserta lomba juga antusias dalam mengikuti kegiatan. Pada lomba kategori remaja, peserta juga terlihat telah menguasai cara menulis ayat Al-Qur’an sehingga hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima belas menit untuk menyelesaikan lembar kerjanya.

“Terdapat delapan pemenang pada lomba tersebut. Yaitu juara 1,2,3,4 untuk kategori mewarnai gambar kaligrafi dan 1,2,3,4 untuk lomba menulis ulang bacaan Al-Qur’an,” terangnya.

Menurut Satrio, perlombaan juga bisa meningkatkan kualitas diri anak-anak. Hal tersebut karena adanya rasa bersaing dan upaya untuk menambah ilmu, membuat diri mereka menjadi semakin berkembang dan maju.

Satrio berharap, setelah kegiatan tersebut diadakan, anak-anak dapat menjadi lebih inovatif dan kreatif. Satrio juga berharap anak-anak bisa menemukan passion dan semakin semangat untuk mengasah passion tersebut.

“Carilah passion-mu, galilah yang dalam, setelah kamu menemukannya, asahlah dirimu dan jadikan sebagai salah satu kekuatanmu. Semangat untuk kita semua!” pungkasnya.

Tim KKN UNAIR Kelompok 170 tersebut tidak hanya terdiri dari Satrio saja. Terdapat sembilan anggota lainnya yang ikut membantu jalannya kegiatan yaitu Jasmine Abitha Maysha Amadea (FKH), Aulia Nisa Nabila Makarim (FKH), Shindy Ayu Anggraini (FKM), Azza Adilia Faradiba (FPK), Melly Marista (FPK), Jeremy Christian Santoso (FPK), Dessy Fitrianti (FPK), Rafly Rizaldi Novianto (FPK), dan Rudy Zakariya (FPK).

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu