KKN Semampir Ajak Anak-Anak Berkreasi Membuat Aquascape

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Tim Semampir, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Belajar Bersama Masyarakat (BBM) Ke-63 UNAIR melaksanakan kegiatan bertajuk Belajar Membuat Aquascape pada Senin (25/1/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pandi Asuhan Muhammadiyah, Semampir, Surabaya.

Jeremy Christian Santoso (Jeremy) menjelaskan bahwa aquascape merupakan seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan benda terkait lainnya dalam kotak kaca atau acrylic yang menyerupai akuarium. Berbeda dengan akuarium yang hanya berfokus untuk merawat ikan hias, aquascape lebih pada seluruh komponen di dalam media seperti tanaman, air, batu, karang, dan kayu.

“Aquascape berbeda dengan akuarium, untuk akuarium kita hanya berfokus untuk merawat ikan hias saja namun untuk aquascape kita berfokus pada semua yang ada didalamnya yaitu tanaman, air, batu, karang, dan kayu,” jelas Jeremy selaku penanggung jawab kegiatan.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk membuat aquascape pada kegiatan tersebut antara lain adalah dua buat akuarium yang berukuran besar dan kecil. Bahan lain yang dipersiapkan adalah lampu berwarna putih, filter, pasir malang, batu kolam, tanaman hias, dan batu karang. Tim KKN Semampir juga menyiapkan dua ekor kura-kura dan tiga ekor ikan hias untuk hidup di taruh di dalam aquascape tersebut.

Jeremy menjelaskan bahwa langkah pertama yang dilakukan untuk membuat aquascape adalah dengan mencuci pasir malang terlebih dahulu dengan air mengalir. Pasir yang telah dicuci kemudian dimasukkan ke dalam akuarium untuk dijadikan sebagai alas. Pasir yang sudah dimasukkan di dalam akuarium kemudian diisi sedikit air secara perlahan agar tidak keruh. Setelah itu, barulah aquascape dapat dihias dengan batu karang dan tanaman hias.

“Tak lupa anak-anak juga diajarkan cara menggunakan filter, menguras akuarium, cara memberi makan ikan, memegang ikan, dan merawat kura-kura,” lanjut mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) UNAIR tersebut.

Menurut Jeremy, meski membuat aquascape dapat dikatakan sedikit susah karena ada beberapa teknik yang perlu dikuasai, namun peserta yang masih anak-anak tersebut sangat antusias. Mereka dengan mudah memahami hal-hal yang telah Jeremy ajarkan.

“Anak-anak disini senang apabila diajak berkarya jadi kami ingin memberikan kenang-kenangan sekaligus menerapkan ilmu yang kami pelajari di perkuliahan yaitu aquascape,” pungkasnya.

Tidak sendirian, dalam melaksanakan kegiatan Jeremy dibantu oleh anggota KKN-nya yang lain. Yaitu Jasmine Abitha Maysha Amadea (FKH), Aulia Nisa Nabila Makarim (FKH), Shindy Ayu Anggraini (FKM), Azza Adilia Faradiba (FPK), Melly Marista (FPK), Satrio Suryo Utomo (FPK), Dessy Fitrianti (FPK), Rafly Rizaldi Novianto (FPK), dan Rudy Zakariya (FPK). (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).