Webinar “Jangan Sampai Salah Jurusan” Hadir Kembali pada Gelaran AEE

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si., Psikolog., saat memberikan paparan dalam Webinar Jangan Sampai Salah Jurusan. (Foto: SS YouTube UNAIR)

UNAIR NEWS – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Seminar tentang “Jangan Sampai Salah Jurusan” selalu hadir pada gelaran Airlangga Education Expo (AEE). Pada gelaran AEE 2021 ini, seminar diberikan dalam bentuk webinar yang dilangsungkan pada serangkaian pembukan kegiatan di hari pertama (13/2).

Hadir sebagai pembicara utama pada webinar tersebut, Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si., Psikolog. Dalam paparan pembuka Dewi mengatakan bahwa dalam memilih jurusan hal yang kerap terjadi sebelum memutuskan pilihan prodi adalah konflik. Pertama, adanya konflik dari keinginan anak dan orang yang berbeda.

“Selain itu, saat orang tua menyerahkan keputusan kepada anak, problem yang kerap terjadi adalah pilihan anak hanya melihat trend yang ada di lingkungan,” ujarnya.

Pilihan jurusan yang tepat, sambungya, sangatlah penting. Pasalnya, jika yang bersangkutan salah jurusan hal itu akan berpengaruh pada proses belajar selama kuliah. Atsmosfer pendidikan yang tidak diingingkan dan tidak sesuai dari pilihan, studi tidak akan berjalan dengan maksimal.

“Untuk itu, kami berpesan kepada orang tua, guru, dan anak-anak kelas XII jangan sampai salah jurusan,” tandasnya.

Satu hal agar tidak salah jurusan, sambung Dewi, akses informasi yang sudah terbuka seperti saat ini harus dioptimalkan dengan baik. Adanya AEE ini misalnya, menjadi ajang seluruh guru, orang tua, dan siswa menggali banyak informasi penting agar tidak salah jurusan.

“Akes informasi yang serba terbuka ini harus dimaksimalkan dengan baik agar bisa memilih informasi dan jurusan yang tepat,” ujarnya.

Selain itu, jika informasi sudah didapat hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah mengenali bakat dan minat siswa yang bersangkutan. Pasalnya, dengan mengetahui bakat dan minat bisa diketahui lebih awal maka pemilihan program studi yang tepat akan mendukung program belajar selama studi ke depannya.

“Ingat, jangan terburu-buru asal memilih, yang penting kuliah dulu, atau yang penting belajar dulu. Harus diperhatikan dengan baik,” papar Dewi.

Selanjutnya, Dewi juga menegaskan bahwa dalam memilih jurusan ataupun universitas, melihat reputasi alumni bisa menandakan kualitas pendidikan. Selain itu, alumni-alumni yang berkualitas juga akan menentukan jejaring civitas saat nanti menghadapi kehidupan pascakampus.

“Dengan ini, siswa yang bersangkutan akan semakin semangat dan yakin dalam memilih program studi,” tandasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu