Pustakawan dan Tantangan Sistem Informasi Perpustakaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh kemendikbud

Masyarakat dan informasi tidak dapat dipisahkan. Informasi merupakan aspek penting dalam mendukung semua pekerjaan manusia.Apalagi kini era digital sudah menyatu dengan arus kondisi masyarakat. Hal ini dipicu oleh karakteristik masyarakat yang ingin memperoleh informasi dengan cepat, tepat, dan akurat. Melalui yang semakin canggih teknologi, semua kebutuhan informasi dapat terpenuhi. Tidak hanya mencari informasi, mereka bisa juga saling berbagi informasi. Fenomena ini akan telihat dengan yang kita kenal masyarakat informasi.

Sejalan dengan hal tersebut, perpustakaan sebagai badan pengelola informasi dituntut untuk mampu mengelola ledakan informasi yang sedang terjadi saat ini. Tantangan sebagai seorang pustakawan harus memiliki kemampuan menggali informasi agar dapat diterapkan dalam pengelolaan perpustakaan. Pustakawan selalu memiliki informasi yang up to date, menarik dan akurat agar pengguna perpustakaan lebih tertarik dengan informasi yang dimiliki perpustakaan, meskipun sekarang sudah ada internet.

Kini munculah pertanyaan “Apakah kita membutuhkan perpustakaan jika sekarang kita memiliki internet?”

Perpustakaan tentu tetap dibutuhkan, dengan banyaknya informasi yang tersedia di internet, namun banyak di antaranya adalah informasi palsu dan belum terorganisir dengan baik dan di antaranya tentu saja merupakan informasi berbahaya. Banyak informasi yang memiliki kredibelitas tidak tersedia tersedia secara utuh. Sehingga, pengguna perlu mengakses materi melalui perpustakaan yang memiliki pustakawan yang terampil dalam mencari informasi secara efisien, mampu mengidentifikasi situs asli dan bisa mendapatkan akses ke sumber berbayar melalui lisensi. Seorang pustakawan harus menguasai teknologi informasi dengan baik untuk mengamankan informasi sistem perpustakaan.Buku adalah jendela dunia, pustakawan adalah cyber dan kunci sebuah informasi.

Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi telah mengadopsi teknologi 4.0 Misalnya dengan penggunaan katalog kartu yang telah diubah menjadi penggunaan OPAC (Online Public Access Catalog), penggunaan aplikasi sistem otomasi perpustakaan, dan lainnya. Itu Keunggulan perpustakaan dalam mengadopsi teknologi adalah memudahkan pustakawan dalam mengelola data, meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, memudahkan pengguna dan memperluas jaringan.Penggunaan sistem informasi perpustakaan akan memberikan banyak kemudahan, baik untuk pustakawan maupun pengguna. Kebutuhan informasi perpustakaan yang semakin beragam mendorong perpustakaan untuk memperbarui atau meningkatkan aplikasi sistem otomasi yang sedang diterapkan, dan harus menjadi dorongan pustakawan terus meningkatkan kemampuan untuk mengikutimperkembangannya.

Hambatan yang dihadapi pustakawan mengikuti perkembangan sistem informasi perpustakaan, dimana implementasi sistem otomasi di Perpustakaan dalam penggunaan aplikasi, seperti penggunaan SliMS menemui beberapa kendala yaitu pustakawan belum terbiasa mengoperasikan SLiMS di kegiatan pengelolaan perpustakaan, sehingga mereka masih membutuhkan waktu untuk belajar. Upaya yang dapat dilakukan oleh seorang pustakawan yaitu dengan mengadakan pelatihan bagi pustakawan tentang sosialisasi penggunaan SLiMS. Melalui pelatihan ini pustakawan diharapkan mampu menjalankan SLiMS untuk menunjang pekerjaannya di Perpustakaan, pustakwan juga dapat terus aktif pada kegiatan pelatihan untuk pengembangan keahlian yang dimiliki.

Sebuah sistem dapat dikatakan pasti mimiliki kekuatan dan kelemahan. Tetapi seiring dengan waktu pustakawan akan terbiasa dengan sistem yang diterapkan di perpustakaan. Melalui upaya pustakawan terus belajar dan meningkatakan kemapuannya.

Penulis: Nur Diana Fajriyah dan Dessy Harisanty, S.Sos., M.A.

Harisanty, Dessy; Shafira, Ellia; and Isbandy, Salsabiela Hasna, “Library Automation System in Library University of Sebelas Maret Indonesia: Migration From UNSLA to SLiMS” (2020). Library Philosophy and Practice (e-journal). 4376.https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4376 Link : https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4376

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).