Pengaruh Indeks Massa Tubuh Sebelum Hamil pada Kehamilan dengan Obesitas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Alodokter

Obesitas merupakan kondisi yang dapat membahayakan kesehatan seseorang dan menjadi faktor risiko kelima terbesar penyebab kematian secara global. Prevalensi obesitas ini juga semakin meningkat tiap tahunnya pada seluruh populasi tidak terkecuali pada populasi wanita usia subur. Kita telah ketahui bersama bahwa obesitas pada kehamilan berhubungan dengan beberapa permasalahan pada kehamilan seperti hipertensi dalam kehamilan dan diabetes dalam kehamilan.

Berdasar hal ini, tim peneliti dari Departemen Obstetri dan Ginekogi, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga melakukan riset untuk melihat pengaruh indeks massa tubuh sebelum hamil pada kehamilan dengan obesitas, karena seperti kita ketahui bersama bahwa kondisi sebelum kehamilan adalah kondisi yang dapat dimodifikasi untuk mencegah beberapa permasalahan yang mungkin terjadi pada saat kehamilan. Penelitian ini telah dipublikasikan  diEuropean Journal of Molecular & Clinical Medicine.

Dari hasil penelitian didapatkan 337 kasus kehamilan dengan obesitas dari 1144 persalinan (29%).Didapatkan 48% kasus dengan kondisi obesitas sebelum hamil dengan 19.5% mengalami obesitas berat (morbidly obese).Pada penelitian ini didapatkan kondisi obesitas sebelum kehamilan tidak berhubungan dengan risiko persalinan SC, kejadian preeklampsia, diabetes gestasional dan makrosomi janin. Sebaliknya, kondisi obesitas sebelum kehamilan berhubungan dengan semakin tingginya indeks massa tubuh dan kondisi obesitas berat pada saat persalinan

Temuan pada studi ini menjadi penting agar setiap pasien yang masuk dalam kehamilan berada dalam kondisi aman dan optimal.Meskipun pada riset ini, kondisi obesitas sebelum kehamilan tidak berhubungan denganpermasalahan pada saat kehamilan namun kondisi ini meningkatkan kejadian obesitas yang lebih berat.Tentunya kondisi obesitas pada kehamilan juga menjadi hal yang penting karena morbiditas yang dapat terjadi akibat kondisi tersebut.

Penulis: Mangala Pasca Wardhana, Zulhijayanti, Noor Assyifa, Meilia Dwi Cahyani, Rizqy Rahmatyah

Untuk informasi lebih lanjut bisa melalui link berikut:https://ejmcm.com/article_3798_b03bb8459d0872b1ddda4b6567f11b49.pdf

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu