UNAIR Adakan Webinar untuk Tendik Antisipasi Penyebaran Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
dr Isnin Anang M SpP(K) (kiri) saat mengisi webinar kepada tenaga kependidikan UNAIR, Selasa (5/1/2021). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Jumlah kasus Covid-19 kian hari kian bertambah. Pada skala nasional, per 4 Januari 2021 tercatat ada 772 ribu kasus Covid-19 di Indonesia. Tidak dapat dimungkiri penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Mengantisipasi hal itu, Universitas Airlangga melalui Fakultas Kedokteran mengadakan seminar daring (webinar) khusus untuk tenaga kependidikan (tendik). Webinar membahas antisipasi penyebaran Covid-19 tersebut berlangsung pada Selasa siang (5/1/2021). Hadir sebagai pembicara dalam webinar yaitu dr Isnin Anang M SpP(K) dan dr Tedy Apriawan SpBS(K) sebagai moderator.

Dokter spesialis paru tersebut membuka seminar dengan mengingatkan kepada peserta bahwa virus Corona dapat menyebar dari media-media yang tidak terduga. Salah satunya menempel berhari-hari di permukaan tertentu.

“Pada permukaan lantai, virus bisa bertahan hingga lima hari. Misalnya ada tamu yang datang (terinveksi Covid-10, Red), kemudian lantai tidak dibersihkan, kemudian kita tidur-tiduran di lantai, bisa kena (virus Corona),” ucap Anang.

Pada banyak kasus, tambah Anang, ada beberapa gejala yang sering muncul pada orang yang terinfeksi Covid-19. Antara lain, demam tinggi lebih dari 39 derajat, merasa kelelahan, batuk kering, gangguan makan, nyeri otot, hingga sesak nafas.

Namun, dokter Anang menyebut bahwa Covid-19 adalah virus dengan sifat dasar yang tidak stabil dan banyak bermutasi. Hal itu menyebabkan gejala dari masing-masing orang yang terinfeksi virus Corona bisa berbeda-beda.

Orang-orang dengan komorbid atau penyakit penyerta, lanjutnya, memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap kematian. Beberapa penyakit penyerta itu antara lain kardiovaskuler, diabetes, paru paru kronis, hipertensi, hingga tumor.

Pada kesempatan itu dokter Anang memberikan tips-tips kepada peserta sebagai ikhtiar untuk menjaga diri dari paparan Covid-19. Antara lain, menerapkan pola makan dan hidup sehat, istirahat cukup 6-8 jam perhari, olahraga ringan minimal 15 menit perhari, dan sebisa mungkin untuk meminimalisir stres. “Kondisi psikis harus kita jaga,” tegasnya.

Dokter Anang juga memberikan tips untuk para ibu yang sedang hamil. Menurutnya, tak jauh berbeda dengan orang pada umumnya, ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi vitamin C. “Khususnya perbanyak Vitamin C, bisa juga mengganti ke buah-buahan kaya vitamin C itu lebih baik,” ucapnya.

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu