Legalhub, Start-up Buatan Alumnus FISIP yang Dekatkan Praktisi Hukum dengan Masyarakat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TANGKAPAN Layar Platform LegalHub di Instagram. (Foto: Istimewa)
TANGKAPAN Layar Platform LegalHub di Instagram. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Suburnya paradoks dalam masyarakat perihal tajamnya hukum ke bawah dan tumpul ke atas memicu salah satu alumnus Universitas Airlangga untuk mengembangkan solusi dengan membangun start-up LegalHub Indonesia. Dia adalah Lukman I. Marpaung atau biasa dipanggil Limar yang merupakan jebolan S1 Ilmu Politik FISIP UNAIR.

Menurut Limar, paradoks tersebut adalah hal yang keliru. Sebab, banyak fenomena ketimpangan hukum yang sebenarnya bukan karena kondisi hukum di Indonesia. Namun, disebabkan keterbatasan setiap orang pada akses layanan bantuan dan edukasi hukum.

“Visi kami membuka setiap akses tersebut kepada seluruh khalayak, dengan terbukanya akses, setiap orang akan mendapatkan bantuan hukum atau minimal pengetahuan atas permasalahan yang mereka hadapi,” ujar Limar pada Selasa (30/12/2020).

Maka, sambung Limar, dengan terbukanya akses kesetaraan hukum, LegalHUB ingin mewujudkan kualitas hukum yang lebih baik. Hal itu akan berimplikasi pada kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.  LegalHub juga fokus membawa nilai-nilai kepastian, keadilan, dan kebermanfaatan hukum, supaya menyentuh setiap lini masyarakat. Untuk mengatakan kepada dunia bahwa masih banyak orang baik di Indonesia yang berjuang untuk keadilan hukum.

Menurutnya, LegalHub bukanlah startup pertama yang bergerak di bidang legaltech. Namun, dengan model bisnis yang ditawarkan serta bentuk platform sosial media yang membuat setiap orang terhubung dengan berbagai praktisi hukum, LegalHub menjadi start-up pertama yang membuat platform tersebut di Indonesia.

Limar menjelaskan bahwa masyarakat dapat mengakses platform LegalHUB dengan mengunduh aplikasi melalui Play Store dengan keyword LegalHub Indonesia dan juga laman www.legalhub.co.id. Aplikasi tersebut masih dalam pengembangan dan ke depannya menyuguhkan fitur menarik dan edukatif yang akan membantu dan mengedukasi masyarakat.

Selama fokus pada visi yang diusung, Limar percaya akan banyak orang yang membantu dalam mewujudkan kesetaraan akses hukum bagi setiap orang. Dia juga mengaku bahwa UNAIR secara gambling membantu pengembangan LegalHub, mulai fasilitas hingga finansial. Terlebih, nilai Excellent with Morality akan selalu memberikan napas untuk mewujudkan visi dan misi LegalHub.

“Selain menjadi pendiri LegalHub dubawah naungan PT. Media Bangga Indonesia, saya aktif sebagai Relationship Manager di JSLG Surabaya,” ujar pria kelahiran Jombang, 4 Januari 1994, itu.

“Manusia diciptakan untuk selalu bergerak dan berproses, selama kita bisa bergerak kita dapat menyampaikan kebaikan-kebaikan, menjadi sukses dan inovatif merupakan perspektif orang yang menilai,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Wildan S

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu