Deep Vein Thrombosis pada Pasien Septic Genu Arthritis akibat bakteri MSSA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh utakatikotak

Septic arthritis  adalah penyakit infeksi didaerah persendian  yang dapat disebabkan oleh  patogen. Salah satu patogen yang berkontribusi sebagai penyebab yaitu bakteri  coccus gram positif  yaitu bakteri Staphylococcus aureus. Kasus Staphylococcal  Septic Arthritis oleh bakteri MSSA (Methicillin Sensitive Staphylococcus aureus) yang dilaporkan ini merupakan kasus  pertama yang  dijumpai di RSUD  Dr Soetomo Surabaya , pada seorang pasien laki laki usia 50 tahun, dengan keluhan nyeri di lutut kiri dan demam, serta lesi kulit eritroderma sistemik yang sebelumnya diterapi dengan pemberian   ramuan herbal,  namun tidak ada perbaikan kondisi klinis sampai waktu yang cukup lama dan didapatkan komplikasi deep vein trombosis, sehingga dirujuk ke RS. 

Penegakan diagnosis infeksi  secara klinis,  radiologis  serta mikrobiologi  yaitu dengan melakukan kultur dan uji kepekaan antimikroba   dari cairan sendi  serta analisis cairan sendi. Diagnosis mikrobiologi secara detail untuk memastikan spesies  Methicillin Sensitive Staphyloccus aureus  dijelaskan   di laporan kasus ini. 

Bakteri yang  menjadi penyebab infeksi  diketahui merupakan patogen  MSSA setelah dilakukan ujikepekaan antimikroba. Analisis faktor risiko pada pasien diketahui dapat meningkatkan  kemungkinan  komplikasi  deep  vein trombosis, pada kasus septic arthritis . Pada laporan kasus ini dijelaskaan   tentang  kemampuan bakteri Staphylococcus aureus   dengan berbagai faktor virulensi sehingga dapat  menginfeksi host. Pemberian terapi   antibiotik Clindamycin,  sesuai uji kepekaan antimikroba dan  antikoagulan  dan multidisiplin  manajemen  terapi pada kasus ini  mampu memberikan hasil yang baik.  

Penulis: Lyndia Effendy, Metta Octora, Deby Kusumaningrum

Informasi detail dari   kasus pasien ini dapat dilihat pada tulisan kami di: https://www.mdpi.com/2036-7449/12/11/8725: A Case of Deep Vein Thrombosis Associated with Methicillin Sensitive Staphylococcal aureus Genu Septic Arthritis

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).