Adopsi Teknologi Informasi Pada Industri Perjalanan Wisata

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Teknologi media digital telah berkembang sangat pesat dan mampu memberikan efek disruptif kepada banyak industri untuk melakukan beragam perubahan, termasuk industri pariwisata, yang merupakan salah satu industri andalan Indonesia. Perubahan perilaku konsumen, termasuk konsumen Indonesia pun terjadi dari aktivitas konvensional menjadi aktivitas digital-online. Hal tersebut juga terjadi pada konsumen Indonesia, yang mana lebih dari separuh populasi Indonesia telah terkoneksi dengan internet. Konsumen Indonesia mulai mencoba untuk menggunakan media digital juga untuk keperluan pemesanan tiket perjalanan dan penginapan secara online.

Fenomena ini memungkinkan industri pariwisata untuk melakukan aktivitas pemasaran dan penjualan melalui media pemasaran digital, dan memberikan nilai lebih kepada konsumen yang membutuhkan informasi terkait pariwisata. Meskipun demikian, faktor yang mendorong konsumen untuk mau menggunakan teknologi baru masih menjadi pertanyaan. mengetahui faktor ini akan memberikan suatu pengetahuan dan pemahaman kepada dunia industri periwisata sehingga dimasa mendatang mereka dapat mampu membenahi kekurangan yang ada dan meningkatkan kapabilitas dari sitem layanan online mereka.

Ketika kita berbicara mengenai bagaimana seorang konsumen mau mengadopsi suatu teknologi baru, bagaimana konsumen beralih dari cara lama (konvensional) ke cara baru (digital-online) sangat tidak lepas dari bagaimana cara pandang konsumen itu sendiri ketika menyikapi suatu teknologi baru yang ditawarkan. Penelitian yang dilakukan oleh Dien Mardhiyah dan kolega yang telah terpublikasi di International Journal of Innovation, Creativity and Change pada tahun 2020 dengan judul “An Integrated Model of the Adoption of Information Technology in Travel Service” berusaha untuk membuat suatu model komprehensif untuk menyempurnakan model TAM. Itu bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsumen mau beralih untuk mulai menggunakan teknologi layanan perjalanan online termasuk diantaranya pemesanan tiket perjalanan dan pemesanan kamar hotel atau penginapan secara online. Teknologi seperti apa yang akan digunakan oleh konsumen terkait dengan keperluan akan aktivitas yang berhubungan dengan pariwisata?? Silahkan membuka link berikut untuk memperoleh jawaban lebih jelas.

Penulis: Dien Mardhiyah, Sri Hartini, Damar Kristanto

Detail tulisan ini dapat dilihat di:

https://www.ijicc.net/images/Vol11Iss11/111130_Mardhiyah_2020_E_R.pdf

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu