Kandidat Termuda, Mahasiswi FH Terpilih Sebagai Ketua GenBI Suramadu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dita Elvia Kusuma Putri, mahasiswi FH UNAIR yang terpilih sebagai ketua GenBI KorKom Suramadu. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Dita Elvia Kusuma Putri merupakan mahasiswi Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR) angkatan 2018 yang berhasil terpilih sebagai Ketua Generasi Baru Indonesia (GenBI) Koordinator Komisariat Surabaya Madura (KorKom Suramadu). Mahasiswa yang akrab disapa Dita itu merupakan kandidat termuda diantara kandidat ketua lainnya.

“Sebenarnya saya ini baru satu tahun tergabung dalam GenBI, lebih tepatnya ketika saya menginjak semester lima,” ucapnya.

GenBI itu sendiri adalah sebuah komunitas dimana para anggotanya merupakan penerima beasiswa Bank Indonesia. Lebih lanjut, Dita menjelaskan jika GenBI KorKom Suramadu memiliki anggota yang berasal dari delapan universitas.

Dalam komunitas GenBI tersebut, terdapat banyak kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan untuk pengembangan lingkungan hidup, pengembangan ekonomi, dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas maupun pengetahuan anggota GenBI.

Sebelum terpilih menjadi ketua, Dita menceritakan jika dia mencalonkan diri sebagai kandidat ketua KorKom melalui komisariat universitas terlebih dahulu. Kemudian, pihak komisariat universitas yang akan menentukan apakah dia berhak maju sebagai kandidat ketua KorKom Suramadu atau tidak.

“Hasilnya, saya dan satu teman saya yang mewakili UNAIR untuk maju sebagai kandidat ketua KorKom Suramadu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dita mengungkapkan bahwa total keseluruhan kandidat ketua KorKom Suramadu berjumlah 12 orang. Dikarenakan kondisi pandemi, sambung Dita, pihak Bank Indonesia dan teman-teman menyepakati jika dari 12 kandidat tersebut akan disaring menjadi empat kandidat saja. Lalu, satu dari empat kandidat akan terpilih sebagai ketua melalui sistem e-voting.

“Setelah terpilih menjadi ketua, tentu saja saya merasa senang karena teman-teman yang lain sudah memberikan kepercayaannya kepada saya,” ungkapnya pada Sabtu (12/12/20).

Terdapat empat ruang yang Dita gagas sebagai sebuah misi untuk GenBI KorKom Suramadu ke depan. Empat ruang itu terdiri atas ruang pemahaman, ruang pelayanan, ruang pengabdian dan ruang karya.

Mengingat pandemi yang masih belum usai, lanjut Dita, kegiatan-kegiatan yang terpaksa dilakukan secara offline tentu akan memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa akan ada pembatasan pada jumlah anggota yang hadir dalam kegiatan offline tersebut.

“Untuk agenda-agenda terdekat saya merencanakan jika kegiatan di dalam GenBI masih akan dilaksanakan secara online,” tuturnya.

Pada akhir, Dita mengajak anggota GenBI KorKom Suramadu agar dapat bekerja sama, saling berusaha bersama, saling membenahi dan saling mendengar untuk menuju Indonesia maju. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu