Inovasi Layanan Spa Mahasiswa UNAIR Raih Juara 2 KMI Awards

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tim Ayra Home Spa saat mengikuti kompetisi KMI Awards 2020. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Tim Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih juara 2 KMI Awards pada kategori industri jasa dan perdagangan 2020 yang diselenggarakan secara daring. Tim tersebut terdiri dari Raden Khairunissa Thifal Nabila (FEB), Indri Puspita Sari (FEB), Celine Levin (FISIP), Zulfa Anida (FKM), dan Firmah Anggun Ariyanti (FST). Adapun produk industri jasa yang membawa tim meraih juara tersebut adalah Ayra Home Spa.

Nissa menjelaskan bahwa Ayra Home Spa merupakan layanan massage dan spa yang dapat dipanggil ke rumah pelanggan. Adapun layanan umum yang ditawarkan kepada pelanggan antara lain adalah massage treatment, spa treatment, face treatment, hair treatment, dan nail treatment. Ayra Home Spa juga menyediakan layanan khusus yaitu paket ibu hamil, pre wedding, staycation, serta mom & baby sitting special package.

Mom & baby sitting special package itu adalah paket dengan mengirimkan dua terapis. Satu terapis bertugas untuk memberikan treatment pada ibu dan satu untuk menjaga bayi,” jelas Nissa selaku ketua tim.

Ayra Home Spa pertama kali didirikan oleh Nissa pada tahun 2016 bersama dengan salah satu temannya ketika masih kuliah di Yogyakarta. Bisnis tersebut awalnya berupa outlet yang kemudian dilakukan re-branding menjadi Ayra Home Spa pada tahun 2018.

Selama pandemi COVID-19, Ayra Home Spa masih menjalankan bisnis dengan memperhatikan protokol kesehatan. Terapis dibekali dengan APD seperti masker, face shield, dan sarung tangan. Terapis juga dibekali dengan hand sanitizer serta dilakukan pengecekan tubuh dan kesehatan secara berkala. Calon pelanggan juga diwajibkan untuk mengisi formulir kesehatan dan riwayat perjalanan. “Kami juga membatasi layanan, khususnya untuk pijat,” lanjutnya.

Strategi lain yang dilakukan untuk menghadapi pandemi COVID-19 adalah dengan mengembangkan bisnis pada bidang lain seperti jualan produk seperti Ayra Kitchen. Ayra Kitchen menjual makanan secara online, dan membuka catering makanan untuk memaksimalkan terapis yang ada.

Mendapatkan juara 2 KMI Awards, Nissa menilai beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Ayra Home Spa antara lain adalah terapis yang bersertifikat, baik sertifikat Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau lembaga keahlian swasta, manajer staf tersertifikasi BNSP dan tersertifikasi internasional, serta kreatif dan inonvatif.

Tim Ayra Home Spa saat mengikuti kompetisi KMI Awards 2020. (Foto : Istimewa)

Nissa berharap, kedepan Ayra Home Spa dapat berkembang, lebih banyak mitra terapis yang bergabung, lebih banyak pelanggan, dan kesejahteraan mitra terapis bisa meningkat. Selain itu, Nissa juga berharap Ayra Home Spa bisa terus semangat berinovasi dan menghadapi situasi-situasi di masa depan yang tidak pasti.

“Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang membantu kami untuk mengikuti lomba KMI 2020,” ucap Nissa.

Sebagai informasi, terdapat beberapa platform yang digunakan oleh Ayra Home Spa untuk melakukan usahanya. Di antaranya adalah Instagram, website, dan Whatsapp. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu