Digiseminar.id, Aplikasi Buatan Dosen untuk Permudah Selengerakan Seminar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TAMPILAN utama aplikasi seminar.id yang diinisiasi oleh Dr. Gancar Candra Premananto, S.E., M.Si., Dosen Magister Management UNAIR. (Foto: Istimewa)
TAMPILAN utama aplikasi seminar.id yang diinisiasi oleh Dr. Gancar Candra Premananto, S.E., M.Si., Dosen Magister Management UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Salah seorang dosen Magister Managemen Universitas Airlangga (UNAIR) Dr. Gancar Candra Premananto, S.E., M.Si., berhasil menciptakan aplikasi berbasis situs dan android untuk menyelenggarakan seminar internasional. Dengan kecanggihan yang dimiliki dalam meng-handle kegiatan dari awal registrasi hingga pembagian sertifikat peserta, aplikasi bernama digiseminar.id itu dapat memudahkan panitia untuk fokus pada ekseskusi acara utama.

Sulitnya menyelenggarakan seminar dengan call for paper saat musim pandemi menjadi salah satu alasan bagi Gancar –begitu sapaan karibnya– dalam menginisiasi pembuatan aplikasi tersebut. Walaupun dapat dilakukan melalui video conference, sambung Gancar, muncul banyak permasalahan sinyal, listrik mati, kompabilitas gawai, dll. Berangkat dari itu, dia bertekad untuk menciptakan platform yang lebih mengakomodasi semua peserta dari berbagai penjuru Indonesia dan dunia sesuai dengan era transformasi digital.

“Selain itu, saya telah mengalami sendiri kompleksitas sebagai panitia berbagai acara seminar besar maupun kecil. Dengan hadirnya digiseminar.id, kegiatan seminar internasional tidak membutuhkan banyak panitia,” katanya.

Dosen kelahiran 22 Juli 1974 itu menjelaskan, cara mengunakan digiseminar.id hanya membutuhkan subscribe ke aplikasi melalui link digiseminar.id. Setelah itu, pengguna automatis menjadi bagian dari digiseminar.id dan bisa mengikuti kegiatan yang terselenggara. Bukan hanya itu, semua data termasuk sertifikat peserta juga bisa tersimpan dengan rapi di aplikasi tersebut.

“Sementara bagi panitia penyelenggara seminar, mereka dapat memesan tanggal acara di digiseminar.id dan mendiskusikan proses bisnis event yang akan berlangsung seperti apa,” terang Gancar.

Ditanya perihal keunggulan digiseminar.id, Gancar menyebutkan aplikasi tersebut menyediakan break out room yang tidak dimiliki oleh beberapa aplikasi seminar lainnya. Selain itu, digiseminar.id juga memberikan kemudahan dalam melakukan validasi pembayaran oleh bagian keuangan sehingga peserta tidak perlu lagi mencari link untuk mengunduh materi dan sertifikat.

“Dengan adanya fitur yang bisa digunakan untuk me-rating, like dan komentar para presentator, penghargaan favorit juga bisa ditampilkan melalui digiseminar.id,” tambahnya.

Lebih lanjut, Gancar menceritakan bahwa aplikasi tersebut telah diuji coba dalam penyelenggaraan beberasa seminar sejak September lalu. Bahkan, digiseminar.id juga telah suskes menyelenggarakan seminar internasional ISCRBM 4 2020 dengan menggandeng Aliansi Program Magister Management Indonesia (APMMI).

Tidak berhenti pada penciptaan digisemina.id saja, saat ini Gancar tengah mempersiapkan hadirnya aplikasi lain. “InsyaAllah kami sedang mencoba mengembangkan aplikasi lain yang bermanfaat untuk membangun nama UNAIR menjadi smart university,” ungkapnya

Penulis: Nikmatus Sholikhah

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu