Tingkatkan Aspek Konektivitas dan Telekomunikasi, UNAIR Teken MoU dengan PT Telkom Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penandatanganan dokumen MoU antara Universitas Airlangga dengan PT Telekomunikasi Indonesia yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA dan Riza A.N. Rukmana secara virtual pada Kamis (10/12/2020). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai universitas yang mendukung Kampus Merdeka senantiasa membangun kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kali ini, UNAIR melakukan kerjasama  Joint Innovation Program dengan Perusahaan Perseroan PT Telekomunikasi Indonesia. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Nasih dan Riza A.N. Rukmana yang diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom pada Kamis (10/12/2020).

Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Telkom Indonesia. Merupakan sebuah kehormatan bagi UNAIR untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan yang hingga saat ini masih menjadi perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia.

“Kondisi pandemi seperti saat ini menyebabkan telekomunikasi dan interaksi antar orang terbatas, sehingga harus menggunakan sarana telekomunikasi. PT Telkom Indonesia menjadi perusahaan yang sangat unggul di sana,” jelasnya.

Prof. Nasih menekankan bahwa salah satu media dari silaturahim yang saat ini menjadi sangat penting adalah konektivitas. PT Telkom Indonesia mampu menyiapkan hal tersebut sehingga ke depannya kita semua bisa tetap bersilaturahim.

“PT Telkom Indonesia sebagai institusi yang menyediakan konektivitas, akan mendorong terjadinya silaturahim di antara kita semua sehingga akan menunjang terjadinya kolaborasi dan kerjasama berbagai pihak,” tambahnya.

Selain kerjasama di bidang konvensional, seperti penyediaan magang dan mengajar kuliah tamu, ada kerjasama lain yang akan dilakukan antara UNAIR dan PT Telkom Indonesia. Adapun ruang lingkup kerja samanya antara lain Technical and Learning, Joint Research, Joint Development dan Innovation Management.

Perkembangan teknologi, perubahan sistem pendidikan, serta munculnya revolusi industri 4.0 menuntut semua aspek untuk bisa lebih inovatif dan kreatif. Menurutnya, inovasi tidak mungkin bisa dilakukan tanpa adanya kolaborasi dari berbagai pihak. Inovasi akan mempertemukan beberapa penggabungan dan penyempurnaan  dari berbagai macam aspek.

“Kami siap untuk melakukan kolaborasi untuk saling melengkapi sehingga dihasilkan sebuah produk inovatif yang tidak hanya bagus secara teknis, tetapi juga memiliki makna karena substansi dan isinya benar-benar dirancang dengan cermat,” ujarnya.

Dalam hal ini, PT Telkom Indonesia dan UNAIR juga bisa bekerjasama dalam banyak hal terkait dengan proses digitalisasi dengan menggunakan digital platform di bidang Kesehatan, kefarmasian, kedokteran hewan dan lain sebagainya. Perlu adanya kerja sama antara aspek konektivitas serta aspek teknis di digital platform tersebut.

“Dengan MoU ini akan terbuka kesempatan bagi kami untuk mengimplementasikan kampus merdeka dan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Peluang untuk melakukan kerjasama antara UNAIR dan PT Telkom Indonesia akan berdampak sangat baik untuk kebaikan masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu