Edukasi Kesehatan Dental untuk Masyarakat Kampung Sulung dari BEM FKG UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana pelaksanaan Elementary Dental Education (EDE) dimana panitia menjelaskan edukasi terkait kesehatan dental terhadap anak-anak di Kampung Sulung, Surabaya Utara. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Program tahunan milik Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FKG UNAIR yaitu Elementary Dental Education (EDE) kembali digelar secara luring tahun ini. Program ini terfokus pada edukasi masyarakat terutama pada usia belia tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penggelaran EDE tahun ini, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FKG UNAIR menggandeng Yayasan 1000 Senyum untuk berkolaborasi. Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu (5/12/2020) di Kampung Sulung, Surabaya Utara.

Untuk mengulik detail programnya, tim redaksi berbicara dengan Samuel selaku perwakilan dari tim panitia EDE. Samuel menuturkan bahwa kegiatan EDE tahun ini juga menyisipkan materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mengingat bahwa pagebluk COVID-19 masih belum juga mereda.

Terkait detail dari materi kesehatan dental, tim panitia menceritakan terhadap anak-anak terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti penyebab gigi berlubang, cara menggosok gigi yang baik dan benar, serta makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan gigi. Samuel menceritakan bahwa EDE juga menawarkan kegiatan yang seru untuk diikuti oleh anak-anak seperti oleh permainan interaktif, menyanyikan lagu-lagu terkait bagaimana cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar, serta pembagian makanan tambahan.

“Sosialisasi EDE ini sangatlah penting untuk memberikan wawasan terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga menjaga kesehatan sejak usia belia. Masih banyak masyarakat terutama usia belia yang belum mengetahui pentingnya menggosok gigi, bagaimana cara menggosok gigi dan mencuci tangan, dan bagaimana menerapkan PHBS. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus karena dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius,” tutupnya.

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu