Studi Epidemiologi Virus Dengue di Surabaya, Bogor, dan Bangkalan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi virus dengue. (Sumber: Klikdokter)

Virus dengue (DENV) adalah virus yang ditularkan oleh nyamuk, ditularkan oleh nyamuk vektor Aedes sp. Infeksi dengan empat serotipe DENV-1 hingga 4. Indonesia, kasus demam berdarah dengue (DBD) pertama kali ditemukan pada tahun 1968 di kota Jakarta dan Surabaya. Indonesia setiap tahun telah mengalami sekitar 100.000 kasus demam berdarah (DF) dan demam berdarah dengue (DBD) yang dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, survei epidemiologi virus dengue (DENV) masih terbatas di negara ini. Di Surabaya, kota terbesar kedua, suatu laporan menunjukkan bahwa virus dengue tipe 2 (DENV-2) adalah virus yang paling dominan beredar pada tahun 2003-2005.

Pada tahun 2007, kami memulai pengawasan DENV di Surabaya didukung oleh program the Japan Initiative for Global Research Network on Infectious Disease (J-GRID) mendirikan the Indonesia-Kobe University Collaborative Research Center for Emerging and Reemerging Infectious Diseases (CRC-ERID). Kami menemukan bahwa dominasi DENV bergeser dari tipe 2 ke tipe 1 antara bulan Oktober dan November 2008. Survei lain yang menggunakan nyamuk yang ditangkap di alam liar pada April 2009 menegaskan bahwa virus dengue tipe 1 (DENV-1) adalah tipe dominan di Surabaya saat itu. Analisis filogenetik sekuens nukleotida gen envelope lengkap DENV-1 menunjukkan bahwa semua 22 isolat terpilih pada termasuk dalam genotipe IV dan 17 isolat terpilih termasuk dalam genotipe I. Selanjutnya, pada Desember 2010, isolat dikelompokkan ke dalam klade baru DENV-1 genotipe I, menunjukkan pergeseran klade antara September dan Desember 2010.

Mulai pada bulan Januari 2011 hingga Desember 2011, hanya DENV-1 genotipe IV yang diisolasi, yang menunjukkan bahwa pergeseran genotipe kembali terjadi dari GI ke GIV. Pada Januari 2012, strain GI dan GIV mulai bersirkulasi, yang berlanjut hingga Juni 2013. Setelah Juli 2013, strain DENV-1 tidak diisolasi dan diganti dengan DENV-2. Pada tahun 2013, kami juga mengisolasi galur DENV-3 genotipe I yang berpotensi menimbulkan KLB endemik di Surabaya. Ada kemungkinan DENV-3 sudah terbentuk di populasi dan akan menggantikan strain yang beredar saat ini, yang mengarah pada peningkatan insiden dan angka kasus DBD yang parah.

Pada tahun 2014 di Bogor, kami melaporkan sekuens genom DENV-1 yang secara filogenetik mendekati strain wabah di Jepang. Temuan ini menunjukkan bahwa kawasan Asia Tenggara adalah sumber wabah asli dengue di Jepang pada tahun 2014. Kami menganggap hasil penelitian ini berguna untuk analisis retrospektif wabah demam berdarah di Jepang. Di Jepang saat itu, per 17 September 2014, total 131 kasus telah dikonfirmasi. Ini adalah temuan awal, bersama dengan aktivitas respons kesehatan masyarakat dari wabah demam berdarah autochthonous pertama yang didokumentasikan di Jepang dalam hampir 70 tahun.

Di sisi lain, tahun 2012-2014 kami melakukan koleksi sampel di Bangkalan. Kasus DBD di kota ini sebelumnya dilaporkan lebih tinggi dibandingkan kota-kota lain di Pulau Madura berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pada tahun 2013. Tujuh belas sampel dari 359 sampel darah (4,7%) positif isolasi DENV. Serotipe dan analisis filogenetik untuk mengungkapkan dominasi DENV-1 genotipe I (9/17, 52,9%), diikuti oleh DENV-2 tipe Cosmopolitan (7/17, 41,2%) dan DENV-3 genotipe I (1/17, 5,9%). %). DENV-4 tidak ditemukan. Pola transisi virus di Bangkalan mirip dengan di Surabaya saat itu. Hal ini menunjukkan bahwa sirkulasi virus di Surabaya dan Bangkalan bersamaan karena pekerja dari Bangkalan bolak-balik ke dan dari Surabaya.

Hasil serotipe dan genotipe, di Surabaya dan Bangkalan mirip dengan hasil sebelumnya di Indonesia, tetapi terutama di Bogor mirip dengan Jepang 2014. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pengawasan virus secara terus-menerus di daerah endemis demam berdarah, untuk memahami dinamika penyakit infeksi demam berdarah di Indonesia.

Penulis: Soegeng Soegijanto, dkk

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada link berikut:

https://e-journal.unair.ac.id/FMI/article/view/23415

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).