Pastikan Mutu Pendidikan, Prodi Profesi Ners FKp UNAIR Lakukan Asesmen Lapangan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp UNAIR) melakukan asesmen lapangan untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners sejak Senin hingga Kamis (3/12/2020). Asesmen dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) di FKp UNAIR.

Seperti yang diketahui kewenangan pemberian akreditasi tersebut pada awalanya dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Namun semenjak LAM-PTKes selaku badan akreditasi yang independen mulai beroperasi pada bulan Maret 2015 lalu, kewenangan pemberian akreditasi pada program studi di profesi bidang kesehatan diamanatkan kepada LAM-PTKes. Hal itu disebabkan banyaknya program studi kesehatan di Indonesia, sehingga tetap dalam evaluasi pengawasan BAN-PT.

“Asesmen ini dilakukan untuk institusi yang akreditasinya sudah habis. Kebetulan kita habis tahun 2019, sehingga pada 2019 lalu kita mengusulkan. Walaupun kita sudah terakreditasi internasional, tetapi LAM-PTKes belum memberlakukan. Jadi tetap kita usulkan,” terang Prof. AH. Yusuf, Dekan FKp UNAIR.

Selama proses akreditasi institusi didampingi oleh asessor. Setelah selesai, FKp kemudian dapat submit ke LAM-PTKes, kemudian LAM-PTKes menilai apakah FKp layak untuk terakreditasi.

Prof. AH. Yusuf mengatakan, proses tersebut berlanjut pada Asesmen Kecukupan (AK) kemudian akan keluar nilai akademik. Apabila institusi tersebut nilainya kurang dari 200, maka tidak layak untuk terakreditasi. Setelah FKp UNAIR layak, kemudian dilanjutkan asesmen lapangan untuk konfirmasi borang seluruh data seperti publikasi hingga keuangan FKp UNAIR yang telah diselenggarakan selama empat hari.

Ia menambahkan bahwa akreditasi A sangat penting untuk menunjang lulusan dari mahasiswa FKp UNAIR. Dengan adanya akreditasi A, lulusan dapat memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk bersaing di dunia kerja. Selain itu, asesmen untuk akreditasi ini juga menjamin mahasiswa untuk mendapatkan dosen yang terkualifikasi seperti publikasi, riset, hingga tingkat pengabdian masyarakat.

Alhamdulillah hari ini kita sudah hari keempat untuk proses akreditas dan berjalan lancer. Semoga kita bisa mendapatkan (akreditasi A, Red) A. Sehingga mahasiswa yakin lulus dari institusi dengan akreditasi sangat baik,” tambah Prof. AH. Yusuf. (*)

Penulis :  Khoirunnisa Suhandarini (Airlangga Nursing Journalist)

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu