“Sekolah Juang” BEM FH UNAIR Menyogsong Pendidikan Berbasis Teknologi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret kegiatan Sekolah Juang BEM FH UNAIR. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Pada era sekarang, pemanfaatan teknologi didunia pendidikan teramat penting. Terlebih kondisi pandemi yang melanda dunia, secara tidak langsung menuntut dunia pendidikan diberbagai jenjang, khususnya pada pendidikan tingkat Sekolah Dasar untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal.

Dalam rangka menyongsong perkembangan teknologi yang begitu pesat. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Hukum Universitas Airlangga melalui Kementerian Pengabdian Masyarakat, atas kepekaan terhadap kondisi sosial yang demikian menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Sekolah Juang”. Sebuah kegiatan pengajaran yang dikemas dengan pembelajaran mengetik pada aplikasi ms. Word sebagai fokus utama dan diselingi kegiatan-kegiatan keterampilan lainnya seperti halnya mewarnai, hingga berhitung.

Penyelenggaraan kegiatan pengajaran yang dilakukan para mahasiswa ini, dilakukan secara offline (tatap muka) pada tanggal 20-21 dan 28-29 November 2020 di Jl. Kunti No. 9b sidotopo, Kec. Semampir, Surabaya. Konsep Offline yang dipilih dengan pertimbangan keefektifan dari materi yang disampaikan agar lebih dipahami, mengingat target peserta yang mengikuti kegiatan meliputi anak tingkat Sekolah Dasar kelas 2-6.

Menurut Presiden BEM Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Akbar Rizky Pratama, program kerja yang dilaksanakan tersebut sangat berguna bagi adik-adik sebagai bekal dimasa mendatang nanti.

“Terlebih sekolah online setidaknya adik-adik harus siap dan paham untuk mengoperasikan hal tersebut (ms.word), karena kedepan itu akan sangat digunakan. Sedangkan fakta dilapangan tidak semua Sekolah Dasar menyediakan fasilitas ini. Bisa dibilang ini inovasi dari kami,” ujarnya.

Pemilihan lokasi di bagian pinggiran Kota Surabaya, dengan harapan bisa merangkul adik-adik yang notabene kurang memahami hal ya demikian. Mahasiswa yang sehari-hari dipanggil Akbar tersebut juga membeberkan bahwa kegiatan ini akan membawa pengalaman tersenduru bagi mereka, karena dilakukan deperti hal nya les. Dengan fasilitas laptop yang disediakan oleh mahasiswa (milik pribadi), mereka langsung mencoba dan memahami fungsi pengoperasian Ms. Word.

Dukungan juga diberikan oleh tokoh masyarakat sekitar, Bapak Moch. Noer R. yang memfasilitasi keberlangsungan kegiatan. “Ini kegiatan bagus, kegiatan sosial sangat penting. Bisa menumbuhkan kepekaan mahasiswa pada kondisi yg ada di lapangan. Sebagai masyarakat kita harus dukung mereka (mahasiswa) agar semangat,” pungkasnya.

Penulis : Dhimas Elham M.A.W.P. dan Bayu Satya Ndharma

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu