AUBMO Banyuwangi Sukses Laksanakan Abdi Isun Lare Bidikmisi di Tiga Provinsi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu dokumentasi kegiatan Abdi Isun Lare Bidikmisi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Organisasi Bidikmisi Univeristas Airlangga (AUBMO) PSDKU di Banyuwangi setiap tahunnya selalu melaksankan program kerja yang bernama Abdi Isun Lare Bidikmisi. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Kementrian Pengabdian Masyarakat dengan menyasar bidang pendidikan dan kesehatan di daerah-daerah terpencil dan terbelakang.

Hal yang berbeda justru terjadi pada pelaksaan tahun ini. Akibat adanya pandemi Covid-19, program Abdi Isun Lare Bidikmisi yang semulanya dilaksanakan terjun langsung ke daerah-daerah di Banyuwangi, namun pada tahun ini, panitia harus memutar skema dengan melaksanakan kegiatan Abdi Isun Lare Bidikmisi di daerah asal masing-masing panitia. Dengan hal itu, muncul ide dengan realisasi “Peran Pemuda dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19” di dua pulau, tiga Provinsi, sebelas Kabupaten/Kota di Indonesia”.

Daearah-daerah tersebut  yaitu Pekan baru, Karanganyar, Magelang, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Ponorogo, Kediri, Sidoarjo, Jember, dan Banyuwangi dengan metode penyuluhan pada murid SD yang bertempat tinggal sesuai daerah asal panitia. 

Saat diwawancarai tim UNAIR NEWS pada Minggu (29/11), Mirsa sebagai Menteri PSDM Aubmo menyampaikan bahwa kendala yang terjadi saat ini justru menjadi peluang bagi kami untuk menyasar lebih luas lagi daerah pengabdian. Peran panitia sangat luar biasa untuk menyukseskan salah satu program kerja besar kepengurusan Aubmo tahun 2020.

“Kegiatan Abdi Isun Lare Bidikmisi ini telah sukses kami laksanakan di akhir bulan November 2020. Serangkaian kegiatan mendapat apresiasi dari semua peserta,” ujar mahasisa FPK 2018.

Selain itu, tambahnya, berdasarkan tema yang diangkat pada tahun ini mengenai peningkatan kualitas belajar pada masa pandemi Covid-19, kami berusaha mengajarkan siswa akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS, jaga jarak, cara memakai, membuka dan membuang masker yang benar untuk mengajarkan gaya hidup sehat bagi siswa di sekolah dasar sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Hal ini, tandasnya, diharapkan siswa dapat tetap aktif untuk belajar dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap pada kepengurusan Aubmo berikutnya, program Abdi Isun Lare Bidikmisi tetap dapat dilaksanakan dan besar harapan saya untuk semua mahasiswa Bidikmisi UNAIR untuk ikut terlibat aktif sebagai bentuk pengabdian,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu