Para Siswa SMA Berprestasi Lewat Daring Melalui Olimpiade Ekonomi UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
{"uid":"5AB63692-2140-4502-814B-B27DFE22F142_1606034092143","source":"other","origin":"unknown"}

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 ini mencetak sejarah baru bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya kebijakan Work From Home aktivitas masyarakat menjadi serba di rumah. Adanya pandemi ini membuat platform digital sangat diandalkan, pekerjaan maupun pendidikan beralih menjadi sistem daring, tak terkecuali Olimpiade Ekonomi 17th yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga ini.

Perlombaan Olimpiade Ekonomi 17th menggunakan sistem online secara keseluruhan sehingga pelajar SMA/MA/Sederajat di Indonesia dapat berprestasi dari rumah. Walaupun Olimpiade Ekonomi 17th menggunakan platform digital, acara yang dimulai dari bulan Oktober dan di tutup pada 20 November 2020 ini berlangsung dengan antusias dan semangat yang penuh. Olimpiade ekonomi ini diikuti oleh lebih dari 200 tim dari seluruh Indonesia.

Olimpiade Ekonomi 17th tahun ini mengusung tema “Renewable Energy Invesment as Green Economic Recovery in Pandemic Era”. Pengusungan tema ini diharapkan generasi muda dapat berkontribusi dalam pemulihan masa pandemi kedepannya. Rangkaian acara yang unik dan menarik membuat para pelajar SMA di Indonesia antusias untuk mengikuti Olimpiade Ekonomi ini. Dari 200 lebih peserta diambil lima pemenang terbaik melalui babak-babak yang akan dilalui pada Olimpiade Ekonomi 17th.

Ada tiga tahap dalam Olimpiade Ekonomi 17th. Yang pertama ada Babak Penyisihan yang yang diadakan pada tanggal 18 Oktober 2020, dengan sistem pengerjaan 100 soal Multiple Choice dengan waktu 100 menit. Selanjutnya, ada Babak Semifinal yang diadakan pada tanggal 19 November 2020 terdiri dari dua tahap, yaitu tahap Multiple Choice dan tahap Economic Smart. Tahap Mutiple Choice ini berisi soal seputar ekonomi dengan bentuk pilihan ganda sedangkan tahap Economic Smart berisi soal seputar ekonomi dengan bentu essay. Dan babak terakhir Olimpiade Ekonomi ini yakni Babak Grandfinal diadakan pada tanggal 20 November 2020.

Babak Grandfinal Olimpiade Ekonomi 17th juga memiliki dua tahap yaitu tahap Guess The Box dan Economic Presentation. Pada tahap Guess The Box, peserta menjawab pilihan soal yang berada di dalam virtual box dengan tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Sedangkan pada tahap Economic Presentation tim mempresentasikan hasil diskusi mengenai studi kasus yang diberikan. Memang tidak diragukan lagi, Olimpiade Ekonomi memiliki konsep yang menyenangkan.

Para pemenang dari Olimpiade Ekonomi 17th di umumkan dalam acara virtual Awards Night yang dihadiri oleh pemerintahan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Jumaidi, M.MT. Juara pertama dimenangkan oleh SMA Negeri 2 Depok atas nama Daffa Muhammad Zidan dan Muhammad Zaidan. Piala pemenang utama di serahkan oleh Pemerintahan Provinsi Dr. Ir. Jumadi, M. MT secara virtual.

Selanjutnya untuk juara kedua di raih oleh MAN 2 Malang atas nama Tsania Nur dan Azza Maisya Rani, untuk juara ketiga di raih oleh SMA Negeri 1 Genteng atas nama Brian Afgar dan M. Farkhan Baidlowi. Selain itu, terdapat juara harapan 1 yang diraih oleh SMAK Penabur Gading Serpong atas nama Raine Richmond dan Patricia Natalie dan juara harapan 2 diraih oleh SMA Taruna Nusantara atas nama Ratis Maharani Cesarina dan Reny Dyah K. (*)

Penulis : Andiani dan Nadira

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu