Dokter Gigi Berisiko Tinggi Terhadap Paparan Covid-19, FKG UNAIR Gagas Konsultasi Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pandemi COVID-19 di Indonesia yang terjadi sejak bulan Maret 2020 memberi dampak yang signifikan terhadap praktik dokter gigi. Perawatan gigi yang menghasilkan aerosol, misalnya melalui penggunaan bur dan pembersihan karang gigi, diketahui sebagai salah satu media penyebaran COVID-19 di praktik dokter gigi. Sehingga, dokter gigi menjadi salah satu profesi dengan risiko tinggi terhadap paparan COVID-19.

Hal tersebut menuntut dokter gigi untuk menerapkan protokol universal precaution yang sangat ketat dalam melakukan praktik kedokteran gigi dan mengikuti himbauan pemerintah untuk menunda perawatan gigi dan mulut, kecuali pada kasus gawat darurat.

Sebagai wujud komitmen pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga didukung oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga, PT. Unilever dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Surabaya mengadakan kegiatan konsultasi kesehatan gigi gratis secara online pada tanggal 19-21 November 2020. Kegiatan konsultasi online tersebut menggunakan platform WhatsApp Tanya Dokter Gigi dan Pepsodent yang difasilitasi oleh PT. Unilever.

Kegiatan konsultasi online tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) FKG Universitas Airlangga yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai penanganan mandiri permasalahan kesehatan gigi dan mulut serta  cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan konsultasi online tersebut juga dapat menjadi media screening pasien atau triage pasien baru sebelum mengunjungi dokter gigi secara tatap muka. Kegiatan konsultasi online tersebut dapat membantu dokter gigi untuk menentukan perkiraan diagnosa masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami pasien, serta tindakan yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut.

Kegiatan konsultasi online ini  dilakukan oleh sejumlah sepuluh dokter gigi pendidikan spesialis FKG Universitas Airlangga/shift/hari pada jam operasional konsultasi online pukul 09.00-16.00. Kegiatan konsultsi online ini dibagi menjadi dua shift setiap hari, yaitu shift 1 pada pukul 09.00-12.00 dan shift dua pada pukul 13.00-16.00.

Indra Mulyawan, drg., Sp.BM., FICS  selaku PIC kegiatan konsultasi online ini berharap bahwa kegiatan konsultasi online ini dapat menjadi media bagi FKG dan RSGM Universitas Airlangga agar tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Semoga masyarakat tetap dapat memelihara kesehatan gigi dan  mulut di masa pandemi COVID-19,” ucapnya. (*)

Penulis: Humas FKG

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu