D3 Perpajakan UNAIR Sukses Selenggarakan Kompetisi KOMPAK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa D3 Perpajakan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga kembali menggelar Kompetisi Pajak Nasional atau biasa dikenal dengan nama KOMPAK. KOMPAK atau Kompetisi Perpajakan merupakan acara tahunan yang diselengggarakan Himpunan Mahasiswa D3 Perpajakan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Acara tersebut melibatkan seluruh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Tujuannya, untuk menerapkan kompetisi yang sehat dan menambah pengetahuan serta pemahaman terhadap dunia perpajakan untuk mahasiswa.

Tahun 2020 ini KOMPAK diselenggarakan berbeda karena pandemi COVID-19 yang mengharuskan segala kegiatan dilakukan secara online. KOMPAK 2020 pada kesempatan ini memiliki konsep Essay Competition dengan mengusung tema “Peran Pajak dalam Pemulihan Ekonomi di Era New Normal”.

Meskipun diadakan secara online, tidak menurunkan antusias peserta dalam mengikuti kompetisi. KOMPAK 2020 ini mampu membawa sebanyak 35 peserta yang berpartisipasi dengan latar belakang mahasiswa perpajakan maupun akuntansi di seluruh Indonesia, mulai jenjang D1, D3, D4, maupun S1.

Acara KOMPAK 2020 sendiri memiliki rangkaian yang cukup panjang yaitu dimulai dari pendaftaran mulai 24 Agustus 2020 – 26 September 2020. Dilanjutkan dengan penulisan esai oleh peserta. Kemudian, peserta yang lolos babak final diumumkan pada 25 Oktober 2020. Babak final diselenggarakan pada 31 Oktober 2020 secara online dengan video conference Zoom yang dihadiri oleh tiga orang juri yaitu Afid Nur Cahya, S.S.T., M.A, Dr. Zaenal Fanani, SE., MSA., Ak., CA.ACPA, dan Edith Frederika Puruhito S.KM., MSc., MedSci.

Pemenang KOMPAK 2020 diumumkan satu hari setalah pelaksanaan final. Hasilnya, yang mendapat nilai tertinggi adalah Novitasari Putri Ramadhani dari PKN STAN. Juara II diraih oleh Narendri Widhitita R.P dari Universitas Indonesia. Dan Juara III diraih oleh Sapta Jaya Pradana dari Universitas Jember.

Pada akhir acara peserta dan dewan juri menyampaikan kesan pesan untuk KOMPAK 2020. Panitia mengaku mendapat respon positif dari para peserta. Peserta merasakan kompak 2020 sangat bagus, bisa untuk mengeksplor ide dan inovasi tentang perpajakan, tentunya mendapat pengalaman menarik serta kritik dan saran yang membangun dari dewan juri.

Selain itu dewan juri juga menyampaikan kesan pesannya bahwa pertanyaan, kritik, dan saran merupakan suatu bentuk dewan juri untuk mengetahui seberapa dalam finalis menguasai karya yang ditulisnya.

Ke depan, panitia berharap KOMPAK dapat terus diadakan dengan kualitas yang semakin baik. Sebab, KOMPASK juga menjadi salah satu contoh kompetisi bergengsi di tingkat perguruan tinggi di Indonesia. (*)

Penulis : Brigita

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu