D3 Manajemen Pemasaran Tingkatan Kompetensi Melalui Sertifikasi Profesi “MECPRO”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Di era globalisasi saat ini, persaingan dalam dunia kerja menjadi semakin kompetitif. Kondisi tersebut diperparah dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) semenjak awal tahun 2016. MEA merupakan sistem perdagangan bebas antar negara anggota ASEAN, yang mana sistem tersebut membebaskan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia. Ini mengakibatkan tenaga kerja Indonesia tidak hanya bersaing dengan tenaga kerja Indonesia, tetapi juga dengan tenaga kerja dari negara yang tergabung dalam ASEAN.

Dilansir dari tirto.id pada tahun 2014, daya saing Indonesia secara global berada pada peringkat ke-38. Selang lima tahun setelahnya posisi Indonesia berada di peringkat ke-4 se Asia Tenggara. Namun, semakin tertinggal jika dibanding dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand yang mana terdapat diurutan ke 1 untuk Singapura, 37 Malaysia, dan 40 Thailand. Demi mengatasi hal tersebut pemerintah mengupayakan berbagai program, salah satunya ialah sertifikasi profesi.

Dalam mendukung upaya pemerintah guna meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing di dunia kerja, HIMA Prodi D3-Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga mengadakan sertifikasi profesi yang bertajuk (MECPRO) Marketing Management Excellent Certification Program. Kegiatan tersebut dilakukan Sabtu (21-22/11/2020) melalui Zoom.

Salsabillah selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut menuturkan, MECPRO merupakan wadah bagi mahasiswa D3-Manejemen Pemasaran untuk melakukan sertifikasi profesi, dimana nantinya peserta akan mendapatkan pelatihan dan juga tes sebagai ujian kompetensi untuk dikatakan layak dalam tema sertifikasi yang diambil.

“Kami menyadari pentingnya sertifikasi profesi dalam dunia kerja, mengingat persaingan yang kian ketat, tentu membutuhkan sebuah pembeda. Dengan memiliki sertifikat tertentu akan menjadi nilai tambah tersendiri nantinya ketika dipergunakan melamar pekerjaan,” tuturnya.

Dalam penyelenggaraannya, HIMA Prodi D3-Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga bekerja sama dengang pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Airlangga. Pelaksanaan Program ini cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kali ini peserta mendapatkan kesempatan pembekalan dari penguji sertifikasi. Hari selanjutnya peserta mengikuti tes wawancara yang dilakukan secara online melalui zoom. Peserta yang dinyatakan layak dan sesuai kualifikasi akan mendapatkan sertifikat nantinya.

Meski dilaksanakan secara online Salsabillah atau yang akrab disapa dengan Caca bersyukur acara MECPRO tetap menapat sambutan positif dari warga D3- Manajemen Pemasaran.

“Terlebih pada tahun ini terdapat tiga tema yang dapat peserta ambil yakni Tenaga Periklanan, Manajer Toko, Asisten Manajer Ritel sehingga peserta dapat memilih dan menyesuaikan tema mana yang mereka inginkan dan butuhkan,” ujarnya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan MECPRO dapat memfasilitasi mahasiswa D3-Manajemen Pemasaran beserta alumni untuk meningkatkan kompetensi mereka. Sehingga nantinya akan menciptakan pekerja unggul bersaing dan kompeten,” tandasnya. (*)

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu