Tim Pengmas FKM UNAIR Dampingi Lansia Ciptakan Pangan Fungsional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan pengmas FKM UNAIR di RW 01 Kelurahan Kalisari, Kota Surabaya. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Kembali, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas). Kegiatan yang dilaksanakan pada (25/10/20) tersebut merupakan pelatihan dan penyuluhan pembuatan bawang putih tunggal terfermentasi pada kelompok lansia di Kelurahan Kalisari, Kota Surabaya.

Dr. Annis Catur Adi, Ir., M.Si, selaku ketua tim pengmas menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya preventif kelompok lansia. Hal tersebut mengingat semakin tingginya risiko kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Lansia berada dalam kelompok usia rentan, sehingga dibutuhkan konsumsi tambahan non obat untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi pangan fungsional,” tutur Anis.

Pangan fungsional yang dipilih adalah bawang putih terfermentasi (black garlic). Black garlic dipilih karena memiliki antioksidan tinggi, dan memiliki bioaktivitas sebagai penurun kolesterol, antialergi, antikanker, penurun gula darah, dyslipidemia, dan manfaat kesehatan lainnya.

Selain itu, diakananya pengmas tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai healthy aging, Covid-19 dan penyakit tidak menular, serta materi terkait makanan fungsional untuk kesehatan yang optimal. Guna mendukung kegiatan penyuluhan tersebut, tim juga menyiapkan buku modul kesehatan lansia.

Di akhir acara, tim pengmas melakukan penyerahan seperangkat alat dan bahan kepada ketua RW 01 Kelurahan Kalisari, sebagai inventaris alat untuk memudahkan praktek pembuatan black garlic. Selain itu, terdapat beberapa lansia yang berhasil melakukan panen black garlic yang sudah jadi.

Black garlic yang sudah jadi selanjutnya dikonsumsi sendiri. Ke depannya lansia akan terus memproduksi black garlic secara mandiri, jika produk sudah semakin baik kualitas dan rasanya, maka produk bisa dipasarkan,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Annis berharap program pengabdian masyarakat tersebut dapat meningkatkan produktifitas kelompok lansia, serta menghasilkan sinergi yang baik antara masyarakat dan akademisi  dalam hal ini khususnya antara FKM UNAIR dengan masyarakat Kelurahan Kalisari. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu