HIMA D3 Paramedik Veteriner UNAIR Adakan Pengabdian Masyarakat Terkait Penyakit Ternak

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Panitia acara ICE 2020 sedang menyerahkan plakat penghargaan kepada Kepala Desa Paringan, Kabupaten Ponorogo. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Sebagai bentuk dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, sivitas akademika Universitas Airlangga dari HIMA D3 Paramedik Veteriner melaksanakan International Community Engagement (ICE) pada Sabtu (7/11/2020). ICE ini merupakan program kerja tahunan HIMA D3 Paremedik Veteriner UNAIR yang menggabungkan kegiatan pengabdian masyarakat dan pelatihan mahasiswa internasional UNAIR.

Untuk ICE tahun ini, pengabdian masyarakat tersebut diadakan secara langsung dan virtual. Untuk menilik ICE 2020 lebih lanjut, tim redaksi mewawancarai ketua panitia ICE 2020 M. Daffa Syahputra. Daffa menuturkan bahwa kegiatan ini diadakan di Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Ia menambahkan bahwa peserta ICE 2020 ini juga terdapat mahasiswa internasional asal Malaysia.

“Tema yang diusung oleh ICE 2020 ini adalah ‘Peningkatan Mutu Kesehatan Untuk Pencegahan Penyakit pada Ternak di Masa Pandemi’. Harapannya kami mengusung tema ini adalah untuk edukasi agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal kesehatan hewan ternak dan peningkatan mutu hewan ternak,” ujar mahasiswa angkatan 2019 itu.

Daffa mengatakan bahwa diadakannya ICE 2020 ini juga untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama dan dapat menyalurkan ilmunya sebagai seorang calon paramedik veteriner profesional kepada masyarakat yang membutuhkan. Ia juga menceritakan bahwa terdapat 10 orang perwakilan dari panitia yang hadir langsung ke Desa Paringan. Acara ini dihadiri oleh 20 orang dari desa tersebut, kebanyakan dari mereka adalah mereka yang berternak.

“Bagi warga yang memiliki ternak, panitia juga memberikan suntik vitamin serta bingkisan berupa obat obatan kepada pemilik hewan. Penyuntikan kepada sapi dan kambing dilakukan dibawah pengawasan supervisior yaitu seorang dokter hewan jebolan dari UNAIR,” tutupnya.

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu