Fakultas Vokasi Tambah 9 Mitra Kerja Sama Melalui Konferensi Nasional Vokasional 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ACARA Konferensi Nasional Vokasional 2020 yang diselenggarakan Departemen Teknik Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga pada Sabtu (14/11/2020). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Konferensi Nasional Vokasional 2020 yang diselenggarakan Departemen Teknik Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga telah rampung digelar Sabtu (14/11/2020) kemarin. Melalui agenda itu, Fakultas Vokasi resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan sembilan mitra baru.

Dyah Puspitasari Srirahayu S.Kom., M.Hum selaku ketua panitia mengatakan, kerjasama itu akan dilakukan dalam sejumlah bidang. Di antaranya adalah bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Kerjasama akan kami fokuskan pada tiga bidang ini. Masukan dari stake holder sangat membantu dalam hal kurikulum,” ujarnya.

Ke sembilan mitra kerjasama tersebut di antaranya adalah Universitas Katolik Darma Cendikia Surabaya; Institute Ilmu kesehatan Bhakti Wiyata Kediri; Ascott Waterplace; Hariss Hotel; dan IPI Surabaya. Selain itu, Fakultas Vokasi juga meneken MoU dengan PT Generali Indonesia Surabaya; Perkumpulan Pengobatan Tradisional Indonesia; dan Griya Sehat Mada Sakti; serta AXA Financial Indonesia.

“Penandatangan MoU dengan AXA dan PT Generali kita lakukan secara offline tadi, sedangkan lainnya secara online,” tuturnya.

Dyah – sapaan akrabnya – menuturkan bahwa bentuk kolaborasi yang dijalin bervariasi. Mulai dari kerjasama pengelolaan jurnal, sebagai tempat pelaksanaan magang, menjadi reviewer artikel, hingga kerjasama dalam berbagai agenda Fakultas Vokasi.  

Dalam acara tersebut, Fakultas Vokasi mengundang Wikan Sakarianto, S.T., M.Sc, Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Selain itu, para praktisi-praktisi di bidang vokasional khususnya bidang Perpustakaan, Sistem Informasi, dan Otomasi Sistem Instrumentasi juga dihadirkan.

Sebagai tambahan informasi, sembilan mitra tersebut menambah panjang daftar mitra kerja dan asosiasi profesi yang bekerjasama dengan Fakultas Vokasi. Hingga kini, terdapat sekitar 80 kerjasama dengan mitra di dalam negeri serta 11 mitra global dari luar negeri.

Dyah menandaskan, kerjasama itu akan terus ditambah. Sebab hal tersebut sangat membantu dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah sebagai tempat pelatihan kerja bagi mahasiwa agar siap bekerja usai lulus.

“Kami berharap lulusan vokasi sudah in line dengan kebutuhan industri kerja. Sehingga lulusan siap kerja dan semakin banyak terserap di masyarakat,” pungkasnya. (*)

Penulis : Erika Eight Novanty

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu