Tim FK UNAIR Bentuk Kalkulator Kesehatan Mental Saat Pandemi Lewat Website

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pandemi COVID-19 mengubah sisi kehidupan manusia. Tidak hanya di bidang kesehatan, namun juga ekonomi, pendidikan, penelitian, hingga transportasi. Sulitnya mencari nafkah, mencari pekerjaan, dan juga naiknya harga bahan pangan menjadi salah satu pemicu stres. Tenaga kesehatan pun tidak luput dari tekanan, pekerjaan yang menumpuk, dikucilkan dan membatasi diri karena khawatir akan menulari orang lain.

Pembatasan fisik yang membatasi anak didik untuk sekolah secara langsung, bercengkrama dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Pun dengan ibu yang semakin bertambah berat pekerjaannya, tidak hanya mengurus rumah tangga, namun juga membimbing anak belajar. Belum lagi pekerjaan kantor yang semakin besar porsinya.

Dengan kontrol diri yang baik, maka tekanan tersebut dapat dilalui. Namun bagi sebagian orang, tekanan tersebut cukup besar untuk dilalui sendirian. Kurangnya tempat berbagi dan stigma negatif dari masyarakat tentang gangguan kesehatan mental membuat individu menjadi sungkan untuk berbagi mengenai masalahnya.

Untuk mengurangi pertemuan fisik secara langsung demi mengurangi penyebaran virus SARS-CoV-2, maka tim dari Departemen Farmakologi dan Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNAIR berinisiatif mengembangkan online supporting group dan kalkulator kesehatan mental yang dapat diakses di www.laluibersama.com. Situs ini adalah program pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Riset COVID-19 yang dikembangkan oleh UNAIR.

Terdapat lima fitur pada situs ini, yaitu beranda, artikel, berbagi, kalkulator kesehatan mental, dan kontak kami. Di beranda, Anda dapat menemukan informasi penting mengenai latar belakang dibentuknya situs ini serta informasi penting mengenai COVID-19. Sementara di fitur artikel, Anda dapat menemukan banyak artikel menarik mengenai aspek farmakologi dan juga psikiatri yang berhubungan dengan COVID-19, seperti bagaimana mengatasi gangguan kesehatan mental saat pandemi, fungsi vitamin dan mineral bagi imunitas, beberapa fungsi obat yang digunakan untuk terapi COVID-19, dll.

Sementara pada fitur berbagi, Anda dapat berbagi cerita, menjawab pertanyaan, mengomentari cerita, dan banyak hal lainnya. Anda dapat melalukan semua itu tanpa mencantumkan nama asli, namun untuk menjaga keamanan dan juga konten dari fitur ini, maka anda harus mendaftarkan email anda terlebih dahulu.

Sementara pada kalkulator kesehatan mental, anda dapat melakukan skrining awal mengenai kesehatan mental anda. Dengan menggunakan kuesioner DASS (Depression, Anxiety, Stress Scale) yang berisi 21 pertanyaan, Anda diminta untuk menjawab seberapa sering anda mengalami gejala yang disebutkan mulai dari tidak pernah hingga hampir selalu. Setelah jawaban terisi semua, maka akan dihitung masing-masing skor untuk ketiga kondisi kesehatan mental anda. Setelah melakukan skrining, jangan lupa menghubungi tenaga kesehatan profesional jika anda memerlukan bantuan atau hasil skrining anda menunjukkan gejala gangguan kesehatan mental.

Jangan lupakan fitur  kontak kami. Jika anda memerlukan informasi mengenai tenaga kesehatan di sekitar anda, atau memerlukan bantuan mengenai kesehatan mental dan juga farmakologi/obat-obatan, anda dapat menggunakan fitur ini. Kami akan berusaha menyediakan informasi yang anda perlukan.

Respon pengguna pada situs ini cukup baik, terutama pada bagian kalkulator kesehatan mental yang memang mudah digunakan dan aplikatif untuk skrining kesehatan mental masing-masing pengguna. Namun sayangnya, pengguna masih sungkan untuk mengungkapkan isi hati maupun pikiran pada forum berbagi. Pengguna juga menyambut baik akan fitur artikel yang menyajikan artikel yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan. Pengguna pun menyarankan menambah fitur yang lebih interaktif, seperti kuis maupun permainan yang berguna dan dapat menenangkan pikiran.

Sosialisasi situs ini dilakukan melalui media sosial maupun webinar pada kelompok pengajian, dan juga saat webinar awam COVID-19 yang mengangkat tema Suplemen, Herbal, dan Mental. Webinar ini diisi oleh ketua Departemen Farmakologi Dr. Arifa  Mustika, dr., M.Si yang menjelaskan mengenai suplemen dan herbal; Brihastami Sawitri, dr., SpKJ yang menyinggung mengenai kesehatan jiwa saat pandemi; dan Annette d’Arqom, dr., M.Sc., PhD yang menjelaskan tentang situs ini.

Webinar yang dihadiri oleh berbagi kalangan masyarakat ini diselenggarakan pada 15 November 2020. Antusiasme peserta dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan selama acara. Semoga dengan adanya online supporting group dan kalkulator kesehatan mental ini dapat membuka pandangan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan mental. (*)

Penulis: Annette d’Arqom

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu