Fakultas Vokasi Sukses Laksanakan LKMM-TD Secara Online untuk Kali Pertama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Guna membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap terampil, dan cara manajemen waktu yang benar untuk menjadi pemimpin yang hebat dimasa depan, Fakultas Vokasi melaksanakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) secara daring. Hari pertama LKMM-TD dilaksanakan pada Jumat (13/11/2020) dan dihadiri kurang lebih sekitar 214 mahasiswa sampai akhir acara.

Dekan Fakultas Vokasi UNAIRProf. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes, drh. membuka acara pelatihan LKMM-TD dengan memberikan sambutan dan ucapan terima kasih sekaligus harapannya untuk mahasiswa vokasi.

“Saya berterima kasih kepada partisipan yang hadir dan mampu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan pada hari ini. Saya harap bahwasanya kalian nanti lulus dari fakultas vokasi maka kalian menjadi seseorang yang siap memimpin bagi masa yang akan datang,” ucap Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes, drh.

Dr. Tika Widiastuti, S.E., M. Si. selaku Wakil Dekan I juga turut hadir dalam acara guna memberikan motivasi sekaligus menjadi moderator pada awal acara.

“Pelatihan ini sangat penting bagi mahasiswa yang berorganisasi. Saya harap semua mahasiswa di sini mampu menjaga semangatnya sampai dengan selesai dan mendengarkan materi dengan baik mulai awal sampai akhir,” tutur Tika.

Selaku pembicara pertama, Erwin Dyah Nawawinetu, dr., M. Kes. mengajak mahasiswa untuk aktif dengan cara memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengenal diri kekurangan dan kelebihan diri mereka melalui analilis SWOT. Hal itu dilakukan supaya mahasiswa mampu memahami dengan baik tentang dirinya masing-masing sebelum nantinya terjun ke masyarakat.

Di pertengahan acara, berjumpa kembali dengan Prof. Anwar Ma’ruf, M.Kes, drh. yang turut serta memberikan materi. Ia mengajak mahasiswa untuk aktif berdiskusi tentang materi perumusan gagasan awal.  Tidak hanya berdiskusi, Prof. Anwar juga memaparkan tentang tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh setiap mahasiswa yang berorganisasi. Tak lupa ia juga memberikan solusi untuk menghadapi tantangan tersebut.

Antusiasme mahasiswa terlihat dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan setelah Prof. Anwar selesai menyampaikan materi.

Di akhir acara, materi disampaikan oleh Dessy Harisanty, S.Sos., MA terkait dengan pengambilan keputusan, pengendalian konflik, serta cara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam pencarian ilmu pengetahuan, jangan menjadi pribadi yang pasif karena dengan menjadi pribadi yang pasif anda tidak akan menemukan solusi,” pungkasnya pada akhir sesi materi. (*)

Penulis: Zahwa E. Bella & Rio Meka Rizqi

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).