Liquid Smoke Sekam Padi dan Sariawan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Beritasatu.com

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat di seluruh dunia, terutama di Asia termasuk Indonesia. Proses pascapanen menghasilkan 20% sekam padi sebagai hasil sampingnya. Sekam padi dapat diolah melalui proses pirolisis menjadi asap cair. Liquid smoke merupakan produk hasil pemecahan komponen atau degrasi kayu pada suhu tertettu. Salah satu komponen kayu yang mengalami proses degradasi selama proses pirolisis adalah lignin dengan menghasilkan senyawa fenol. Senyawa fenol yang terkandung dalam liquid smoke antara lain guaiacol, 2,6-dimethoxyphenols, phenol, dan 4-ethyl-2-methoxy-phenol (EMP) yang memiliki efek antioksidan, yang berikatan dengan radikal bebas, menghambat produksi sitokin pro-inflamasi, dan menghambat aktivasi faktor nuklir kappa B (NF-κB).

Kandungan senyawa fenol dalam liquid smoke, memiliki manfaat terapetik bagi kesehatan. Liquid smoke sekam padi, memiliki nilai toksisitas yang rendah dalam pengujian level in-vitro dan in-vivo, sehingga liquid smoke sekam padi merupakan suatu bahan yang aman digunakan. Penelitian yang sebelumnya dilakukan mengkonfirmasi bahwa liquid smoke sekam padi aman suatu bahan yang aman dan tidak menimbulkan efek toksisitas pada hewan coba. Penelitian lebih lanjut dikembangkan untuk melihat bagaimana potensi liquid smoke sekam padi sebagai bahan untuk mengobati sariawan.

Penelitian yang saat ini dilakukan adalah memberikan liquid smoke sekam padi pada hewan coba dengan model sariawan. Hasil yang diperoleh adalah liquid smoke mampu meningkatkan jumlah sel makrofag, limfosit, fibroblast serta ekspresi interleukin 6 dan transforming growth factor pada daerah sariawan yang diamati secara histologis. Senyawa fenol yang terkandung dalam liquid smoke sekam padi, seperti EMP dan guaiacol, kemungkinan memiliki peran untuk meningkatkannya. EMP dan guaiacol memiliki kemampuan antioksidan yang dapat meningkatkan proliferasi limfosit, makrofag, dan fibroblas. Kemampuan antioksidan berkaitan dengan kemampuan menghambat pembentukan radikal bebas. Peningkatan radikal akan menyebabkan stres oksidatif pada limfosit yang menyebabkan apoptosis; karenanya, dengan penghambatan radikal bebas, jumlah limfosit akan meningkat. Limfosit berperan dalam melepaskan limfokin, faktor pertumbuhan yang mempengaruhi rekrutmen makrofag ke daerah sariawan dan pada akhirnya meningkatkan proliferasi fibroblas.  Peningkatan ekspresi interleukin 6 dan transforming growth factor juga terjadi akibat mekanisme penghambatkan produksi sitokin proinflamasi oleh senyawa fenol liquid smoke sekam padi.

Kesimpulan yang diperoleh adalah liquid smoke sekam padi dapat dijadikan salah satu kandidat obat sariawan karena dapat meningkatkan infiltrasi makrofag, limfosit, IL-6, dan ekspresi TGF-β dan mengakibatkan peningkatan jumlah fibroblas pada sariawan. Dengan meningkatnya indikator tersebut, maka sariawan akan mengalami proses penyembuhan yang lebuh cepat.

Penulis: Ira Arundina, Meircurius Dwi Condro Surboyo

Informasi detail dari artikel ini dapat diakses pada laman berikut: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32777835/

Ira Arundina, Indeswati Diyatri, Tuti Kusumaningsih, Meircurius Dwi Condro Surboyo, Elita Monica dan Novitasari Mira Afanda. The Role of Rice Hull Liquid Smoke in the Traumatic Ulcer Healing. European Journal of Dentistry. 2020. 2020 Aug 10. doi: 10.1055/s-0040-1714445.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu