Tepuk Tangan 56 Detik, Cara Rektor Bareng Civitas Akademika Apresiasi Nakes dan Masyarakat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor bersama civitas akademika UNAIR lakukan 56 Detik untuk merayakan HKN 2020. (Foto: Bastian Ragas)

UNAIR NEWS – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020, menjadi sebuah momentum untuk mengingatkan semua kalangan tentang pentingnya kesehatan. Tahun ini, HKN mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”. Dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum mereda, semua pihak diharapkan untuk tidak putus asa, tidak menyerah, dan tidak kendor menjaga kesehatan diri.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Kesehatan mengajak berbagai pihak agar menggerakkan seluruh jajarannya untuk ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan “Gerakan Tepuk Tangan 56 Detik”. Hal itu sebagai apresiasi kepada Pejuang Pencegahan COVID-19 yaitu tenaga kesehatan dan masyarakat yang melaksanakan protokol kesehatan.

Sebagai bagian dari pihak yang turut melakukan pencegahan terhadap pandemi, Universitas Airlangga turut serta melakukan kegiatan yang dilakukan secara serentak pada tanggal 12 November 2020 jam 12.00 WIB. Di pimpin langsung oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih, kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan mahasiswa dan tenaga pendidikan di lingkungan UNAIR.

Prof. Nasih memberikan apresiasi berupa bunga kepada perwakilan tenaga kesehatan dan medis RS UNAIR dalam Hari Kesehatan Nasional. (Foto: Nuri Hermawan)

Sebelum memulai kegiatan tepuk tangan selama 56 detik, Prof. Nasih terlebih dahulu membuka kegiatan dengan mengajak semua pihak untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, Prof. Nasih juga menegaskan bahwa kegiatan yang sedang dilakukan tersebut merupakan bagian penting dari apresasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat.

“Untuk memberikan apresiasi kepada nakes yang telah berjuang dan masyarakat yang telah melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19  melalui tepuk tangan secara bersama selama 56 detik,” ujar Prof. Nasih.

Tidak hanya itu, setelah melakukan tepuk tangan selama 56 detik, Prof. Nasih juga mengundang salah satu tenaga kesehatan yang mewakili tenaga kesehatan dan tenaga medis di Rumah Sakit UNAIR untuk turut datang dalam kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu, Prof. Nasih memberikan bunga sebagai bentuk terima kasih yang tinggi atas kinerja tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu