Legislative Course Ajang Berpikir Kritis Mahasiswa Baru FKp UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menggelar Legislative Course (LC) pada hari Sabtu (07/11/2020). Acara tersebut digelar oleh Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) sebagai bentuk program kerja dari Komisi III.

LC atau Legislative Course adalah serangkaian kegiatan ospek fakultas yang bersifat wajib untuk mahasiswa baru. Acara itu digelar dengan tujuan menambah wawasan dan kemampuan berpikir kritis maba terkait dengan isu-isu yang sedang terjadi saat ini. Selain itu, dengan diadakannya LC, mahasiswa baru diharapkan dapat menjadi pemimpin yang baik serta taat pada peraturan atau hukum yang berlaku.

Acara Legistalive Course diadakan setiap satu tahun sekali, tepatnya pada semester satu bagi mahasiswa baru FKp UNAIR. Tahun ini adalah kali kelima diselenggarakannya acara tersebut. Dalam LC tahun ini mahasiswa baru dituntut untuk dapat aktif berdiskusi terkait isu-isu yang telah diberikan oleh panitia. Terdapat tiga isu yaitu pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19, rencana vaksin selesai tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, dan pengesahan RUU Cipta Kerja di tengah pandemi Covid-19.

Kharisma mahasiswi angkatan 2019 selaku partisipan dari acara Legislative Cours sekaligus sebagai ketua pelaksana mengungkapkan kesan-pesannya dari LC tahun 2020.

“Perasaannya nano-nano, mulai dari berpikir lebih untuk menentukan tema terkait isu yang akan diangkat, dan merangkai acara hingga berlangsung seperti sekarang ini, dan Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancer,” Ujar Kharisma

Kharisma juga menambahkan acara tersebut mendapat antusias yang positif dari mahasiswa baru, mengingat manfaatnya yang besar untuk mengasah kemampuan berpikir kritis.

“Antusiasme dari mahasiswa baru sangat luar biasa, terutama karena tema yang diangkat aktual sehingga menambah daya ketertarikan. Harapannya semoga acara LC ini terus ada dan untuk tahun depan semoga sudah bisa offline agar mahasiswa baru dapat merasakan euphoria berdiskusi dengan berpikir kritis antar sesama secara face to face,” ujar Kharisma.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu