Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Difteri pada Outbreak Response Immunization (ORI) di Jawa Timur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Lifepack.id

Outbreak Response Immunization (ORI) merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri. Difteri adalah penyakit saluran pernafasan atas yang akut yang sangat menular tetapi dapat dicegah dengan pemberian vaksin DPT. KIPI adalah salah satu reaksi tubuh seseorang yang tidak diinginkan yang muncul setelah pemberian vaksin. KIPI dapat terjadi dengan tanda atau kondisi yang berbeda-beda. KIPI tidak selalu terjadi pada setiap orang yang diimunisasi. KIPI pada DPT yang dialami anak termasuk KIPI ringan. KIPI ringan merupakan kejadian atau gejala yang biasa dialami oleh bayi pasca imunisasi dengan gejala umum berupa demam dan gejala lokal berupa bengkak di tempat suntikan.

Reaksi KIPI bisa terjadi akibat dari sediaan vaksin yang tidak sesuai,  ataupun tata cara dan metode penyuntikan pada bayi yang kurang tepat. Oleh karena itu tenaga kesehatan harus benar-benar memahami dan menerapkan bagaimana mempersiapkan vaksin serta cara menyuntikkan yang tepat untuk bayi atau balita untuk menekan terjadinya reaksi KIPI.

Laporan kasus KIPI DPT pada ORI Difteri dari 38 petugas surveilans kabupaten/kota di Jawa Timur tahun 2018 sebanyak 2007 kasus KIPI dengan rincian: 45,2% anak mengalami demam saja; demam dan lokasi suntikan bengkak (17,7%);  bengkak (8,9%), pusing (5,5%), mual & demam (5,2%) dan macam-macam gejala lainnya (17,5%).  Usia anak yang mengalami KIPI terdiri dari balita (<5 tahun) sebesar 1189 kasus (59,2%), dan anak (≥5 tahun) sebesar 818 (40,8%).

Petugas kesehatan dituntut untuk dapat mengambil tindakan yang tepat jika bayi atau balita mengalami reaksi KIPI. Selain itu, petugas kesehatan harus memberikan pengertian kepada masyarakat agar para orang tua tidak berhenti memberikan DPT imunisasi pada anaknya.

Penulis: Fariani Syahrul

Informasi detail dari artikel ini dapat diakses pada link berikut: http://medicopublication.com/index.php/ijphrd/article/view/6417

(Post Immunization Follow-up Events (KIPI) of Diphtheria Outbreak Response Immunization (ORI) in Health Office of East Java Provincial)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu