Edukasi Online Hingga Konsultasi Gratis Warnai BKGN FKG 2020

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PEMAPARAN materi dalam acara webinar bertajuk “Diary Sehat Study From Home” yang diselenggarakan oleh FKG UNAIR, Sabtu (7/11/2020). (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Memasuki tahun ke sembilan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) Universitas Airlangga bersama PT Unilever dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Surabaya mengadakan sejumlah kegiatan daring. Sebagai pembuka rangkaian acara, Sabtu (7/11/2020) FKG mengundang siswa-siswi sekolah dasar dari berbagai daerah di Indonesia dalam webinar edukasi online bertajuk Diary Sehat Study From Home.

Dalam sambutannya, drg. Dini Setyowati MPH., Ph.D selaku ketua penyelenggara mengatakan, terdapat dua agenda besar pada peringatan BKGN kali ini. Di antaranya yaitu edukasi online dan konsultasi online.

“Kegiatan BKGN tahun ini merupakan bentuk komitmen kami untuk tetap menunjukkan kontribusi dan kepedulian kepada masyarakat walaupun di tengah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dosen FKG UNAIR itu menambahkan, kegiatan edukasi online akan diselenggarakan tiga kali dan menyasar tiga kalangan yang berbeda. Pertama, lanjutnya, webinar bagi siswa-siswi sekolah bertajuk “Diary Sehat Study From Home” pada (7/11/2020).

Selanjutnya, sebagai penutup rangkaian BKGN 2020, pada (21/11/2020) mendatang FKG akan menggelar dua webinar. Pertama, webinar bagi dokter gigi dan mahasiswa FKG UNAIR bertajuk Ke Dokter Gigi Saat Pandemi Aman atau Bahaya?. Serta webinar edukasi online bagi orang tua siswa sekolah.  

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada orang tua mengenai perubahan protokol kunjungan ke dokter gigi terkait pencegahan resiko penularan COVID-19 di praktik dokter gigi,” ungkap Dini.

Sementara itu, konsultasi online akan dilaksanakan melalui platform WhatsApp “Tanya Dokter Gigi dan Pepsodent”. Rencananya, konsultasi akan mulai dibuka pada (19-21/11/2020) nanti. “Ini adalah gerakan pelayanan perawatan dan konsultasi gigi gratis bagi masyarakat,” ujar Dini.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan BKGN 2020 akan berlangsung selama dua pekan. Mulai (7/11/2020) hingga (21/11/2020).

Sebanyak lebih dari 300 siswa hadir pada pelaksanaan edukasi daring hari pertama. Peserta tidak hanya berasal dari Surabaya, tetapi juga berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Bekasi, Malang, Madura, Semarang, Jakarta, Aceh, Riau, Tanjung Pinang, Pontianak, Ambon, hingga Goa-Sulawesi Utara. 

Meski pelaksanaan BKGN sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Dini bersyukur kegiatan edukasi online mendapat respon yang sangat baik. “Pelaksanaan edukasi online hari pertama ini responnya sangat baik. Kami juga mengapresiasi adik-adik yang telah mengikuti lomba. Terimaksih atas antusiasmenya yang luar biasa,” ujarnya.

BKGN 2020 dibuka secara resmi oleh Dekan FKG Universitas Airlangga Dr. Agung Sosiawan, drg., M.Kes. Hadir pula dalam acara tersebut, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga Prof. RM. Coen Pramono, drg., SU., Sp.BMM(K).

Meski ada keterbatasan tatap muka, Dini berharap edukasi dan konsultasi online yang diselenggarakan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. “Khususnya kami berharap kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut di masa pandemi,” tandasnya. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu