Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa, Vokasi Gelar Training of PKM untuk PIMNAS’34

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga untuk menyusun Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kementerian Keilmuan dan Prestasi BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyelenggarakan webinar yang bernama Training of PKM (TOP) yang bertajuk “Upgrading the Creativity and Critical Thinking Skill of Vocational Student through PKM for PIMNAS’34”. Pelatihan PKM itu dilaksanakan pada Sabtu (24/10/2020).

Ghany Khusuma Wardhani selaku ketua pelaksana menjelaskan melalui wawancara online bahwa webinar itu dilaksanakan guna memperkenalkan dan melatih mahasiswa baru tentang tata cara penyusunan PKM dari segi kepenulisan dengan baik dan benar.

Acara training of PKM menghadirkan tiga pembicara. Pada sesi 1, bidang PKM-K dibahas tuntas oleh pemateri Septyani Prihatiningsi., S.KM., M.K.K.K. Sesi 2 berupa pembahasan mengenai PKM-M, PKM-GT, dan PKM-GFK oleh Drs. R. Moh. Qudsi Fauzi, M.M. Sesi ke-3 dengan pemateri Edith Frederika Puruhito S.KM., M.Sc yang mencakup pembahasan PKM-P, PKM-T, PKM-KC, dan PKM-AI.

“Penulisan PKM dapat dilakukan sesuai minat masing-masing dari kewirausahaan, publikasi artikel ilmiah, pembuatan karsa cipta, pembuatan teknologi baru, atau penelitian, penulisan gagasan, pengabdian masyarakat, atau videografi. Penyusunan tersebut juga harus dibarengi dengan ide yang inovatif dan belum pernah dibuat,” tutur Drs. R. Moh. Qudsi Fauzi, M.M., salah satu pembicara Training of PKM.

Dihadiri oleh hampir 1000 peserta, kegiatan itu berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, peserta juga turut aktif memberikan pertanyaan seputar kepenulisan dan penyusunan proposal PKM. Beberapa peserta pun menunjukkan perkembangan penyusunan proposal mereka untuk dikonsultasikan dengan pembicara.

“Dari awal, penyusunan PKM harus dijadikan sebagai ajang inovasi secara maksimal sehingga jika lolos pendanaan, ide pada proposal harus terealisasi. Semoga ilmu yang disalurkan menjadi bermanfaat. Semangat untuk para pejuang PKM,” ujar Septyani Prihatiningsi., S.KM., M.K.K.K., salah satu pembicara Training of PKM.

Penulis : Jasmine Khairunisa

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).