Potensi Tanaman Sambiloto sebagai Obat Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Lokadata.ID

Virus corona (CoV) telah menarik perhatian, khususnya karena fitur virulensinya berubah menjadi infeksi manusia. Secara keseluruhan, enam varietas CoV, empat di antaranya menyebabkan umum gejala pilek, sedangkan SARS dua jenis dan sindrom pernapasan timur tengah menghasilkan lebih parah infeksi yang mematikan. SARS ‑ CoV ‑ 2 menyebabkan penyakit akut yang parah penyakit pernapasan (penyakit coronavirus 2019 [COVID ‑ 19]); yang bertanggung jawab atas pandemi global dan penyebabnya 5,67% kematian dalam kasus yang dikonfirmasi. Sampai saat ini, eksponensial tingkat dalam kasus yang dikonfirmasi diamati, sebagai tambahan, terjadinya penghapusan gelombang kedua. 

Perkembangan terapi COVID-19, menunjukkan hasil yang menjanjikan, tapi masih jauh dari meyakinkan. Pengembangan vaksin dimulai, dan sebagian mengaku sudah berhasil  dan  bagus.  Selanjutnya obat repurposing seperti Remdesivir (REM) atau Chloroquine dianggap memiliki pengaruh yang baik pada pemulihan pasien COVID-19. Selain itu, peneliti juga mengamati obat senyawa metabolit  dari tanaman obat . Produk alami memberikan hasil yang luar biasa dalam struktur dan kompleksitas untuk penemuan obat untuk antivirus sintetis atau semi-sintetik. Sebagaimana dirangkum beberapa kandungan aktif tanaman  bekerja pada molekul target  protein virulensi.

Secara khusus, dalam studi silico dari beberapa tanaman obat China dan India yang menjanjikan untuk menajdi COVID-19 yang poten . Penelitian ini menunjukkan bahwa metabolit tumbuhan cukup menjanjikan di penemuan senyawa COVID-19. Di antara target reseptor, penelitian sebelumnya memiliki mengembangkan terapi untuk COVID-19, seperti 3C protease / 3CLpro (SARS ‑ CoV ‑ 2 Mpro). Penelitian ini sangat  menarik dan cukup berkembang untuk pengembangan target terapi COVID-19. Tidak hanya untuk pencairan  obat tetapi juga berpotensi  juga melacak senyawa inhibitor yang berasal dari kandungan aktif tanaman. Skrining senyawa aktif dari  tanaman obat  menunjukkan adanaya potensi senyawa seperti Isoflavon dan myricitrin dibandingkan dengan antivirus nelfinavir. 

Penelitian ini menunjukkan bahwa metabolit tumbuhan cukup menjanjikan di antara berbagai kandungan fitokimia yang telah dipelajari, salah satunya adalah sambiloto ( Andrographis paniculata) yang sangat menarik diteliti lebih lanjut. Ini biasanya digunakan di beberapa negara untuk pengobatan flu biasa dan banyak lagipenyakit Tanaman keluarga Acanthaceae ini telah ada dilaporkan sebagai penghambat SARS ‑ CoV ‑ 2 Mpro.  Dari penelitian  menjelaskan bahwa sambiloto dapat  menekan peningkatan NOD-like receptor protein 3, caspase ‑ 1, dan interleukin ‑ 1β, yang secara luas terlibat dalam patogenesis SARS ‑ CoV dan mungkin juga SARS ‑ CoV ‑ 2. Sambiloto  alami banyak digunakan selain untuk flu biasa,  juga untuk diare, demam, penyakit kuning, antioksidan untuk hati dan tonik kesehatan kardiovaskular. Kandungan senayaw andrografolida dari sambiloto telah diamati secara klinis dari potensi anti-HIVnya dengan meningkatkan CD4 +.  

Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi kandungan senayawa aktif dari tanaman sambiloto  terhadap  hambatan enzim Covid-19 protease inhibitor (6LU7) dengan pendekatan molekuler docking dan ADMET. Hasil penelitian didapatkan potensi 5-4-Dihydroxy7-ObD-pyran-glycuronate butyl ester, memiliki energi pengikatan terendah (-8,37 ± 0,06 kkal / mol) dan jenis ikatan paling banyak dengan residu asam amino 6LU7 (76%) dibandingkan dengan ligan ko-kristal aslinya dari n – [(5-methylisoxazol-3-yl) -carbonyl] -alanyl-l-valyl-n ~ 1 ~ – ((1r, 2z) -4- (benzyloxy) -4 -oxo-1 – {[(3r) -2-oxopyrrolidin-3-yl] -methyl} tetapi-2-enyl) -l-leucinamide; bahkan untuk senyawa referensi Indinavir dan Remdesivir. Studi ADMET terhadap senyawa terkait juga mengungkapkan sifat-sifatnya pada sistem biologi, yang dianggap sebagai senyawa  dari sambiloto memiliki potensia  yang paling aman  pada anti covid-19. Walaupun telah diperoleh hasil kemungkinan penggunaan senyawa  sambiloto sebagai protease inhibitor covid-19, namun studi lebih lanjut terutama pada uji in vitro dan in vivo , selain itu  proses mengisolasi senayawa aktif dari sambiloto perlu penelitian  lebih lanjut.

Penulis : Prof. Sukardiman dan Tim

Link terkait tulisan di atas: https://www.japtr.org/temp/JAdvPharmTechRes114157-3085955_083419.pdf

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).