D3 Perpustakaan Gelar Lomba Desain Poster Secara Daring saat Pandemi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana saat pengumuman pemenang lomba desain poster yang digelar oleh HIMA D3 Perpustakaan FV UNAIR pada 24 Oktober 2020. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Poster menjadi media informasi dan edukasi yang mudah dipahami. Poster memiliki tampilan yang menarik serta pemilihan bahasa yang komunikatif. Tidak heran jika keahlian dalam membuat poster saat ini juga diperhitungkan. Berbagai instansi saat ini tengah berlomba untuk menghasilkan poster yang menarik. Salah satu instansi yang saat ini gencar menghasilkan poster adalah Kementerian Kesehatan. Sudah banyak poster karya Kemenkes yang tersebar melalui media elektronik atau tertempel di dinding mengenai Covid-19 akhir – akhir ini.

Keahlian mendesain poster tentunya menjadi keahlian yang tak boleh dilewatkan oleh masyarakat. Mewadahi kemampuan masyarakat dalam membuat poster utamanya pelajar SMA atau sederajat dan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa D3 Perpustakaan menggelar lomba poster. “Lomba poster ini sangat menarik dan bisa diikuti oleh semua orang,” ujar Sanchia Ratna Duhita sebagi ketua pelaksana.

Tema yang bisa dipilih oleh peserta sangat menarik seperti seberapa penting perpustakaan di era milenial, pengalaman tentang perpustakaan, bangkitkan literasi dalam menghadapi Covid-19 dan fenomena rasisme di Indonesia. “Tema tersebut dipilih agar peserta dapat berpikir kritis dalam menanggapi permasalahan yang ada,” jelasnya.

Lomba poster dipilih untuk memeriahkan serangkaian acara PSP Project 5.0 karena bisa dilaksanakan secara daring, mengikuti protokol kesehatan yang ada. “Menurut kami lomba poster sangat cocok saat Covid-19 seperti ini karena pengerjaannya mudah dan tidak mengharuskan tatap muka,” terang Sanchia.

“Saat ini desain poster tengah naik daun, banyak juga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja design poster. Sehingga lomba ini bisa jadi wadah peserta untuk meningkatkan kemampuan mereka,” imbuh Ratna.

Peserta dari berbagai daerah di Indonesia turut memeriahkan acara yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Palembang. HIMA D3 Perpustakaan memang selalu menghadirkan lomba yang mengasah kreatifitas untuk memeriahkan acara diesnatalis yang bertajuk PSP Project 5.0 salah satunya lomba desain poster.

Pada 24 Oktober 2020 terpilih 3 pemenang dalam lomba desain poster yaitu Darrel Adriel sebagai juara pertama, Talitha Sandra Ayu sebagai juara kedua, dan Sabilal Muhtaqi sebagai juara ketiga.

“Semoga peserta bisa menggali lebih dalam kemampuan mereka agar bisa bermanfaat bagi masa depannya,” tutupnya.

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu