Manager Produk Vivo Indonesia Paparkan Tips Launching Produk Kepada Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – D’Youthizen Virtual Class hari kedua dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020). Acara yang digelar oleh detik.com menggandeng beberapa universitas di Indonesia yaitu Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Gajah Mada tersebut mengundang Risa Rismayanti (Risa) selaku Product Manager Vivo Indonesia untuk memaparkan materi bertajuk How to Create  High Tech Product Customer Love.

Risa menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang product manager. Di antaranya adalah, product manager harus memiliki mindset yang berorientasi kepada pelanggan. Product manager juga harus bisa mendefinisikan dan mengerti kebutuhan pelanggan; menyusun produk yang didorong oleh nilai-nilai pelanggan; dan mampu bekerja dengan tim lintas fungsi.

Product manager juga harus bisa mendefinisikan dan mengerti kebutuhan pelanggan atau konsumen yang kemudian di sortir untuk memilih kebutuhan yang akan dipilih untuk membuat sebuah produk,” jelasnya.

Kemudian, untuk meluncurkan produk baru, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisis pasar. Analisis pasar tersebut dapat dilakukan dengan metode penelitian atau research kuantitatif, kualitatif, atau tracking data.

Setelah menganalisis pasar, maka dapat dilanjutkan pada tahap pembuatan produk yang sesuai dengan pasar. Lalu menganalisis 7P marketing mix yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses), dan physical evidence (tampilan fisik). Setelah hasil analisis 7P marketing mix tersebut diketaui dan ditindaklanjuti, maka dilanjutkan dengan pengadaan launching produk, disusul dengan post-launching.

“Pada tahap post-launching kinerja seorang product manager dinilai. Salah satunya melalui seberapa besar produk dibeli oleh konsumen. Jika ternyata produk belum sukses, kembali dianalisis kenapa tidak sukes, apa yang perlu diabaikan atau ditingkatkan,” lanjutnya.

Risa juga memberikan beberapa tips kepada mahasiswa dan kaum milenial dalam menjalani masa pandemi. Terdapat empat tips dari Risa yaitu menimba ilmu sebanyak-banyaknya, menjaga energi dalam diri dengan hobi baru atau olahraga, memotivasi diri sendiri, dan perhatian kepada sesama.

“Usia muda harus terus belajar dan update pada hal yang disukai atau tertarik mengingat makin kesini informasi semakin mudah untuk didapat,” ucap Risa.

Selain Risa Rismayanti, acara hari kedua tersebut juga mengundang beberapa bintang tamu yang lain. Yaitu Yura Yunita, Mutia Maharani, dan Nadiya Rawil. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu