D3 Perpustakaan Adakan Lomba Podcast untuk Siswa SMA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA ketika pengumuman pemenang pada Lomba Podcast yang diadakan oleh HIMA D3 Perpustakaan. (Foto: Istimewa)
SUASANA ketika pengumuman pemenang pada Lomba Podcast yang diadakan oleh HIMA D3 Perpustakaan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pandemi yang terjadi mengakibatkan banyak orang untuk melakukan aktivitas di rumah saja. Baik bekerja, sekolah, dan berkarya dilakukan di rumah. Namun, adanya pandemi melahirkan kebiasaan baru. Salah satunya adalah kebiasaan mendengarkan podcast. Podcast saat ini tengah digandrungi kalangan anak muda. Podcast dipilih karena tidak sekadar menyajikan hiburan, namun membahas isu terkini yang sedang hangat diperbincangkan. Banyak anak muda yang kini belomba-lomba membuat kreasi podcast miliknya.

Melihat kegemaran anak muda saat ini dalam mendengarkan atau membuat podcast, Himpunan Mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga memiliki inisiatif untuk menggelar lomba podcast guna mewadahi anak muda yang ingin berkarya.

“Lomba ini menarik ya, sedang marak diperbincangkan saat ini. Banyak orang yang mulai mendengarkan bahkan membuat podcast sendiri,” kata Sanchia Ratna Duhita sebagai ketua pelaksana. Tema yang bisa dipilih oleh peserta sangat menarik seperti seberapa penting perpustakaan di era milenial, pengalaman tentang perpustakaan, bangkitkan literasi dalam menghadapi Covid-19 dan fenomena rasisme di Indonesia.

Tema tersebut dipilih untuk mengenalkan Program Studi D3 Perpustakaan FV UNAIR kepada khalayak luas. “Kami ingin mengenalkan jurusan D3 Perpustakaan kepada khalayak umum. Sehingga generasi milenial dapat mengerti pentingnya perpustakaan bagi kita,” terang Sanchia.

“Selain itu, kami ingin membangkitkan semangat generasi milenial untuk membaca. Mengingat, minat baca di Indonesia ini sudah menurun. Kami juga ingin menjadikan generasi milenial semakin berpikir kritis tentang isu yang terjadi saat ini melalui literasi,” imbuhnya.

Lomba podcast ini menarik perhatian banyak anak muda dari berbagai daerah seperti Mojokerto, Yogyakarta, Kediri, Semarang, Palembang, dan Gresik. “Lomba yang melatih soft skill seperti ini sangat penting diadakan. Peserta bisa melatih kemampuan public speaking, hal ini yang memiliki peran penting di masa depan nanti,” jelas Sanchia.

Sebanyak 3 orang terpilih berhak menjadi juara serta mendapat hadiah dari panitia yang diumumkan pada 24 Oktober 2020. Mereka adalah Alvianne Cristyarini sebagai juara I; Ayalus Paong Ladandeno sebagai juara II; dan Maritza Iasya sebagai juara III. Bukan hanya itu, masyarakat juga bisa melihat semua karya peserta dalam akun Instagram resmi milik panitia, yaitu @diesnatalispspunair. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu