FKp UNAIR Ikuti Delegasi Nursing Camp ILMIKI Wilayah V

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kembali mendelegasikan mahasiswannya untuk mengikuti kegiatan Nursing Camp ILMIKI pada hari Jumat-Minggu (30/10/2020). Acara ini digelar dua tahun sekali, dan pada tahun ini, kegiatan Nursing Camp dipanitiai oleh Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Nusing Camp adalah kegiatan kaderisasi tingkat wilayah untuk calon-calon pengurus ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), baik dari Pengurus Harian Wilayah (PHW) maupun Pengurus Harian Nasional (PHN). Nursing Camp bertujuan untuk mempersiapkan calon pengurus ILMIKI secara tepat sasaran.

Tahun ini, Universitas Airlangga mengirimkan 21 delegasi untuk kegiatan Nursing Camp Wilayah V yang meliputi Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB. Delegasi mahasiswa berasal dari angkatan 2018, 2019, dan 2020. Kegiatan itu dilaksanakan melalui daring melalui platform ZOOM.  Kegiatan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pukul 07. 45-16.00 WIB

Pada hari pertama diberikan materi kaderasisasi motivasi berorgaisasi dan materi mahasiswa serta pergerakan. Hari kedua bisa dibilang hari yang cukup melelahkan karna jadwal yang padat. Pada hari tersebut dilaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) untuk materi analisis dan diagnosis situasi. Para peserta delegasi harus mempresentasikan hasil akhir dari FGD masing-masing kelompok.

Materi yang diberikan selanjutnya yaitu manajemen berorganisasi, FGD materi manajemen wacana publik, materi teknik persidangan dan materi keadministrasian organisasi kesekretariatan dan keuangan. Pada hari terakhir, materi yang diberikan meliputi pengembangan program kerja dilanjutkan dengan FGD, dan acara diakhiri dengan penayangan video pengabdian dan foto bersama. 

Nursing Camp merupakan kegiatan yang sangat positif dan sangat dibutuhkan untuk mahasiswa keperawatan khususnya untuk melatih jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari perwakilan delegasi Fkp Unair. Hal tersebut diungkapkan oleh Titis selaku Pengurus Harian Wilayah (PHW)

“Antusiasme dari delegasi cukup luar biasa, mereka merasa terkesan dan terkesima dengan  kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, terebih bagi angkatan 2020 yang merupakan mahasiswa baru,” ujar Titis Mustikowati selaku PHW

Ia juga menambahkan kegiatan itu sangat membantu teman-teman dari FKp khusunya dalam hal berorganisasi.

Nursing Camp ini benar-benar membantu teman-teman berkembang untuk bisa berpikir secara kritis, aktif, dan solutif,” ujarnya.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu