Kemenkominfo Gandeng UNAIR Adakan Fresh Graduate Academy

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan FGA Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan secara virtual. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Kembali Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi salah satu penyelenggara kegiatn Fresh Graduate Academy (FGA). Kegiatan yang dihimpun oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) tersebut diadakan pada Senin-Selasa (21/9-27/10/20) secara daring (dalam jaringan, Red).

Taufik, S.T., M.Kom., selaku ketua pelaksana FGA Digital Talent Scholarship menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para alumni atau lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan tersebut melibatkan 15 dosen program studi Sistem Informasi (SI) sebagai tentor dan monitoring peserta.

Menurut dosen Sistem Informasi tersebut, terdapat 4 tema yakni data scientist, database design and programming with oracle, CCNA Cyberoperation, dan CCNA Network Engineer. Dari keempat tema, total terdapat tujuh kelas dengan data scientist memiliki kelas terbanyak.

“UNAIR terdapat 4 tema terkait data scientist ada 65 orang peserta dibagi tiga kelas, database design and programming with oracle ada 35 orang peserta dibagi dua kelas, CCNA Cyberoperation ada 25 orang peserta satu, dan CCNA Network Engineer 20 orang peserta total tujuh kelas,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga menggandeng lima mitra global tech companies yakni Amazon web service (AWS) Educate, Cisco Networking Academy, IBM Indonesia, Oracle Indonesia dan Red Hat Academy.

Dengan adanya Training of Trainer (ToT) sebelum pelaksnaan memberikan manfaat tersendiri bagi tentor. Antara lain bagi UNAIR khususnya bagi dosen dapat memahami dan memberikan ilmu terkait teknologi terkini yang sedang tren saat ini. Bagi peserta bisa mendapatkan sertifikat global karena kompetensi tersebut diakui dengan sertifikasi tersebut.

“Yang kedua ini pengalaman baru kita (dosen, Red) mengajar dengan kurikulum versi global,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Taufik berharap kerja sama tersebut terus berlanjut dan kegiatan tersebut bermanfaat bagi para alumni khususnya  alumni yang memiliki fokus di bidang Ilmu Teknologi. Adapula nilai tambah bagi prodi SI dari pengalaman, ilmu, dan kerja sama dengan yang lain dan institusi pemerintah. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu