Bidang Keahlian Fisika Medis Adakan Pengmas di 3 Puskesmas Kabupaten Jember

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan pengabdian masyarakat bidang keahlian Fisika Medis program studi Fisika di Kabupaten Jember pada (24/10/2020) tersebut dilakukan secara virtual melalui Zoom. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian masyarakat menjadi salah satu poin penting. Masyarakat menjadi unsur terpenting dalam implementasiannya baik masyarakat umum maupun dalam lingkup organisasi. Kesehatan menjadi salah satu agenda pengabdian tersediri bagi semua instansi terutama yang memiliki fokus dalam bidang tersebut.

Sama halnya dengan salah satu bidang keahlian program studi fisika, yaitu fisika medis yang melaksanakan pengabdian masyarakat di kabupaten Jember. Kegiatan tersebut menggandeng tiga puskesmas yaikni Puskesmas Jenggawah, Puskesmas Kemuningsari Kidul, dan Puskesmas Kaliwates. Kegiatan yang dilaksanakan pada (17&24/10/2020) tersebut dilakukan secara langsung dan virtual melalui Zoom.

Dalam sambutannya, Dr. Fatmawati, M.Si., selaku Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menuturkan bahwa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat bekerja dalam melaksanakan tugas sebagai dosen dalam hal pendidikan dan pengabdian masyarakat. Dalam penanganan Covid-19, tambahnya, dibutuhkan kerja sama semua pihak baik pemerintah, petugas kesehatan, institusi pendidikan dan juga masyarakat.

“Kami berharap dengan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema tersebut dapat sumbangsi pemikiran dari perguruan tinggi dalam hal ini UNAIR turut serta dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid 19,” tuturnya.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya tersebut memiliki tiga pokok bahasan, yaitu konsep dasar kelistrikan elektrostimultor, peran olahraga untuk Covid-19, dan pencegahan transmisi dan penatalaksanaan Covid-19. Selain itu, diikuti pula mahasiswa Fisika yang memiliki fokus bidang keahlian Fisika Medis.

Sementara itu, dr. Isna Amelia selaku kepala Puskesmas Kaliwates menuturkan ucapan terim kasih terkait kerja sama yng dijalin dengan memberikan bantuan alat medis kepada ketiga puskesmas tersebut. Adapula alat medis tersebut dapat bermafaat terutama di masa pandemi Covid-19 untuk mencegah adanya penambahan psien terkonfirmasi di Kabupaten Jember terutama lingkup Puskesmas Kaliwates.

“Selain itu juga bermanfaat untuk rapid-rapid test lain dari penyakit lainnya,” pungkasnya. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika Editor : Binti Q. Masruroh �

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).