Peran Stem Cell Hematopoietik dalam Respon Inflamasi Selama Pergerakan Gigi Ortodontik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh diabets UK

Konsep dasar gerakan gigi ortodontik (OTM) bagi dokter gigi selalu menarik untuk dipelajari sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi pengurangan waktu perawatan ortodontik. Berbagai penelitian telah dilakukan dengan menggunakan gaya mekanis dari alat ortodontik dan juga untuk memahami OTM seluler dan molekuler. Resorpsi tulang alveolar dan pembentukan tulang akibat gaya ortodontik akan memudahkan pergerakan gigi ortodontik. Osteoklas dan osteoblas sebagai sel tulang memainkan peran penting selama remodelling tulang. Studi sebelumnya menyatakan bahwa HSC adalah salah satu respons utama pada cedera. Sitokin pro-inflamasi akan dilepaskan selama infeksi atau peradangan. Tujuan dari review naratif ini adalah untuk mendeskripsikan peran Hematopoietic Stem Cells (HSCs) dalam respon inflamasi selama OTM serta sistem sirkulasi darah selama OTM.

OTM dapat menstimulasi respon biologis dari jaringan periodontal setelah diberikan gaya ortodontik. Respon yang dihasilkan selama OTM adalah renovasi ligamen periodontal dan tulang alveolar. OTM melibatkan berbagai mediator kimiawi termasuk kemokin, sitokin, prostaglandin, dan sel tulang seperti osteoblas dan osteoklas. HSC adalah sel multipoten yang berperan penting selama inflamasi melalui sistem sirkulasi darah. OTM menstimulasi inflamasi steril yang menyebabkan migrasi HSC ke area cedera. HSCs dianggap memiliki peran penting selama OTM dengan mengatur inflamasi sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Penulis: Dwi Rahmawati, drg., M.Kes.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di

http://www.connectjournals.com/toc2.php?abstract=3181700H_2879A.pdf&&bookmark=CJ-033216&&issue_id=Supp-01%20&&yaer=2020

Dwi Rahmawati, Alexander Patera Nugraha, I Gusti Aju Wahju Ardani, Ari Triwardhani And Ida Bagus Narmada. Role Of Hematopoetic Stem Cell In Inflammatory Response During Orthodontic Tooth Movement : A Narrative Review. Biochem. Cell. Arch. Vol. 20, Supplement 1, Pp. 2879-2882.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu