Kompetisi Keperawatan GENOM Perdana Sukses Dilaksanakan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Green Nursing Corps (GEN Corps) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga untuk menggelar GEN Corps Nursing Olympiad (GENOM). Pasalnya GENOM ini adalah program kerja baru dari divisi Ners Alert, yang diadakan pada Jumat hingga Minggu (23-25/10/2020).

GENOM merupakan kegiatan perlombaan secara daring berupa Olimpiade Keperawatan yang dipanitiai oleh seluruh anggota GEN Corps dengan mahasiswa program pendidikan sarjana dan diploma keperawatan sebagai sasaran peserta.

”Tahun 2020 ini, GENOM mengusung tema ‘Peran Mahasiswa Keperawatan dalam Mewujudkan Indonesia Berkarakter dan Berintelektual serta Siap Tanggap dalam Kegawatdaruratan di Era 5.0’”,” ujar Rahmalia Hidayanti selaku penanggungjawab kegiatan.

Terdapat tiga tahapan untuk meraih juara GENOM. Tahap 1 berupa babak penyisihan yang mengharuskan peserta untuk berkompetisi dalam mengerjakan 90 butir soal multiple choice. Tahap 2 merupakan babak semifinal dan peserta diwajibkan untuk mengumpulkan hasil karya berupa analisis kasus dan power point presentasi kemudian juri akan menilai tiga karya terbaik yang akan mempresentasikan hasil karya tersebut pada tahap final.

Rahma mengatakan, persiapan yang telah panitia lakukan tidaklah mudah karena GENOM ini merupakan acara perdana. “Kendala yang kami alami salah satunya yaitu jarak sehingga membuat miss communication antara panitia bisa saja terjadi. Namun, kendala ini dapat segera kami atasi dengan mengadakan rapat besar panitia yang membahas keseluruhan acara secara simultan,” ucapnya.

Tujuan diadakan kegiatan ini diantaranya adalah memfasilitasi mahasiswa keperawatan Indonesia untuk dapat berkompetisi di bidang kegawatdaruratan, merekatkan hubungan antar mahasiswa keperawatan seluruh Indonesia, mengenalkan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga di tingkat nasional, dan ikut serta dalam mewujudkan perkembangan ilmu keperawatan khususnya di bidang kegawatdaruratan.

Rahma juga menambahkan, kerja keras dari seluruh panitia sangat berkesan. “Pesan saya kepada segenap panitia dan seluruh pihak yang telah mendukung acara GENOM yaitu tetap jaga kesehatan saat pandemi Covid-19 dan tetap produktif untuk menjalani keseharian guna meningkatkan kesehatan fisik dan mental masing-masing pribadi,” tambahnya.

Ia juga berharap, GENOM dapat terlaksana di tahun berikutnya dengan konsep dan teknis pelaksanaan yang lebih baik.  ”Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Dekan FKp UNAIR, para dewan juri, ketua BEM, BLM, SKINers, ANJ, segenap media partner, peserta, dan seluruh panitia yang telah mendukung kesuksesan acara GENOM 2020. Semoga selalu dipermudah urusannya dan selalu diberikan nikmat sehat dan semangat dalam menjalani keseharian,” pungkasnya. (*)

Penulis: Umi Maghfiroton Fitri

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).