Perkuat Relasi Antar-Teknisi dengan Kunjungan Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA pelaksanaan Denture pada Minggu (25/10/2020) HIMA D3 Teknik Gigi FV UNAIR. (Foto: Istimewa)
SUASANA pelaksanaan Denture pada Minggu (25/10/2020) HIMA D3 Teknik Gigi FV UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19, tampaknya, masih betah untuk menunjukkan eksistensinya. Namun, aktivitas tetap harus berjalan dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sama halnya dengan yang dilakukan Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Kunjungan labotatorium bertajuk Denture seharusnya dilakukan secara offline. Kali ini dilaksanakan secara online menggunakan zoom meeting untuk menghindari kerumunan.

“Mengingat pandemi yang terjadi, Denture kali ini yang pertama dilakukan secara online,” kata Diny Ilmy selaku Wakil Ketua HIMA.

Acara tersebut merupakan acara rutin setiap tahun. Laboratorium yang dikunjungi biasanya merupakan dental laboratorium internasional yang ada di Jakarta, Bandung, dan Bali. Pada Minggu (25/10/2020) Denture yang dilaksanakan secara online tersebut mengunjungi Mutiara Dental Lab, Bali. Ninik Yuniati, A.Md selaku pemilik dihadirkan untuk menjadi narasumber.

Alumni D3 Teknik Gigi UNAIR 1995 tersebut menjelaskan sejarah berdirinya dental laboratorium miliknya, alat, dan bahan yang ada di sana serta cara perawatannya. Bukan hanya itu, ia juga menceritakan kegiatan yang dilakukan setiap hari di laboratoriumnya, penempatan alat dan bahan, pengolahan limbah laboratorium dan tata cara menjamin keselamatan kerja pegawai.

Sebanyak kurang lebih 150 peserta hadir dalam acara tersebut yang terdiri atas seluruh dosen serta mahasiswa D3 Teknik Gigi UNAIR. “Pesertanya sekitar 150 orang meliputi dosen dan mahasiswa D3 Teknik Gigi,” jelas Diny.

Denture dilaksanakan untuk memberikan bekal wirausaha kepada mahasiswa, utamanya dalam mendirikan dental laboratorium sendiri. Mahasiswa diharapkan dapat memahami tata cara proses pendirian dental laboratorium yang baik.

“Acara ini juga bertujuan untuk memperluas relasi sesama teknisi gigi,” ucapnya.

Diny menerangkan bahwa relasi yang terbangun akan memudahkan mahasiswa D3 Teknik Gigi untuk melakukan praktik kerja lapangan di dental laboratorium. “Menjalin hubungan baik dengan menambah relasi sesama teknisi gigi serta mempermudah saat PKL nanti,” katanya.

Nantinya mahasiswa D3 Teknik Gigi ditempatkan di dental laboratorium yang telah menjalin kerja sama untuk melaksanakan PKL. “Nanti waktu PKL atau magang mahasiswa dikirim ke dental laboratorium yang sudah bekerja sama. Salah satu contohnya Mutiara Dental Lab ini,” tandas Diny. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu