Semnas HIMA Akuntansi UNAIR Bahas Iklim Akuntansi di Tengah Pandemi dan Krisis Ekonomi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Webinar Nasional HIMA Akuntansi UNAIR pada Sabtu (24/10/2020) melalui via Zoom. (Foto: Intang Arifia)

UNAIR NEWS – Menghadapi dampak pandemi Covid-19 dalam iklim ekonomi Indonesia, Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Akuntansi Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar seminar nasional bertajuk Pengaruh Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi Terhadap Perlakuan Akuntasi. Digelar pada Sabtu (24/10/2020), webinar tersebut menyoroti perubahan iklim usaha dan perekonomian yang membuat peran akuntansi semakin sentral dalam upaya mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi.

Dalam gelaran tersebut, diketahui bahwa situasi pandemi Covid-19 membuat pola kerja dan interaksi berubah. Kondisi itu diperparah dengan krisis ekonomi yang menyebabkan angka PHK naik, ekonomi melambat, daya beli masyarakat menurun, serta tentunya perubahan dramatis dalam sektor usaha. Menurut Dosen D3 Akuntansi UNAIR Riska Rosyidiana, SE., M.Ak, tantangan terbesar para akuntan adalah restrukturisasi yang banyak terjadi pada aspek keuangan dan kredit.

“Akuntan punya tugas tambahan dengan mencatat semua uang terkait dampak keuangan akibat pandemi. Karena kelangsungan perusahaan kerap dipertanyakan selama krisis, maka peran akuntan menjadi sentral untuk menghindari kerugian,” kata Riska.

Hadirnya dampak Covid-19 sebagai bentuk non-adjusting event membuat para akuntan harus mampu meningkatkan skill dan ketelitian kerja. Dalam hal tersebut, Riska mengungkapkan bahwa sektor pendidikan sejatinya juga turut mampu berkontribusi dengan menggelar pelatihan, seminar, maupun pengabdian yang meningkatkan pengetahuan para akuntan maupun pelaku industri UMKM.

Sementara itu pada kesempatan kedua, pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Dr. Rida Perwita Sari, SE., MAKs., Ak., CA., CPA. menerangkan aspek regulatif kerja akuntan dan auditor di masa krisis. Menurutnya kedua profesi tersebut kini membutuhkan sikap integritas, komitmen, optimisme, serta semangat yang tinggi untuk menyikapi kondisi yang tak terduga.

“Apalagi auditor, mereka kini dalam pengawasan ketat karena punya kewajiban publik untuk menyelesaikan tugasnya mengikuti standar professional dan etika. Keberlangsungan perusahaan dan situasi ekonomi yang kondusif tergantung pada kinerja dua sektor tersebut,” ungkap professional auditor berbagai organisasi tersebut.

Dalam webinar yang dihadiri lebih dari 150 peserta tersebut, Dekan Fakultas Vokasi (FV) UNAIR Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.kes., drh. turut menerangkan bahwa kehadiran akademisi dan webinar semacam ini akan berperan besar dalam menciptakan iklim kondusif dalam manajemen krisis pada dunia industri dan usaha. Dalam gelaran itu sendiri, HIMA Akuntansi UNAIR turut menggelar Kompetisi Akuntansi Airlangga 2020 nasional yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Penulis: Intang Arifia

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu