Toksisitas Lipopolisakarida terhadap Sel Punca Tali Pusat Manusia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi sel punca dari tali pusat. (Sumber: liputan6.com)

Sel punca tali pusat manusia merupakan salah satu sumber sel punca yang sangat prospektif untuk digunakan pada terapi regenerasi jaringan dalam bidang kedokteran gigi. Salah satu penyebab kehilangan gigi dan kegagalan perawatan saluran akar gigi adalah adanya infeksi bakteri, dalam hal ini yaitu bakteri Porphyromonas gingivalis. Bakteri ini juga menyebabkan keradangan pada jaringan gusi dan sekitar implant gigi.

Lipopolisakarida atau disingkat LPS merupakan produk racun yang dihasilkan oleh bakteri ini. LPS dapat memicu keradangan yang mengarah kepada turunnya dimensi tulang rahang dan kerusakan pada jaringan di sekitar gigi.

Untuk mengetahui toksisitas LPS terhadap sel punca tali pusat manusia, dilakukan penelitian eksperimental pada konsentrasi LPS 0 hingga 25 mikrogram/ml. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon dan studi lanjutan untuk perawatan gigi regeneratif pada kondisi dibawah pengaruh LPS. Beberapa studi telah dilakukan tetapi hasilnya berbeda-beda dan konsentrasi yang digunakan memiliki rentang relatif pendek. Hal inilah yang mendorong tim peneliti untuk melakukan penelitian ini.

Pada penelitian ini dilakukan uji MTT untuk mengetahui kehidupan sel dan menentukan toksisitas LPS terhadap sel punca tali pusat manusia.

Setelah penelitian, didapatkan hasil yang kemudian diolah secara statistika, menunjukkan bahwa LPS pada konsentrasi 0 hingga 25 mikrogram/ml tidak beracun, dalam artian sel punca dapat bertahan hidup dibawah kondisi LPS pada rentang konsentrasi tersebut. Bentuk dan distribusi sel punca tidak mengalami perubahan pada kondisi dibawah pengaruh LPS.

Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang prospek pemanfaatan sel punca untuk pengembangan terapi regeneratif di bidang kedokteran gigi.

Penulis: Tim Peneliti

Link jurnal terkait tulisan di atas: Kuntjoro M, Prasetyo EP, Cahyani F, Kamadjaja MJK, Hendrijantini N, Laksono H, Rahmania PN, Ariestania V, Nugraha AP, Ihsan IS, Dinaryanti A, Rantam FA. Lipopolysaccharide’s Cytotoxicity on Human Umbilical Cord Mesenchymal Stem Cells. Pesqui Bras Odontopediatria Clin Integr. 2020; 20:e0048. https://doi.org/10.1590/pboci.2020.153

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).