Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Pemilihan Produk Siwak

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Republika

Siwak merupakan produk kebersihan mulut yang halal mengingat dari sisi religiusitasnya yang sangat berperan penting sehingga dapat membentuk keyakinan dan sikap seseorang dalam segala hal, termasuk dalam pemilihan produk halal kebersihan mulut. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen muslim dalam memilih produk siwak, diantaranya nilai emosional, rasa keingintahuan dan perhatian terhadap produk halal.

Bagi muslim praktik penggunaan siwak terbukti telah lama digunakan untuk membersihkan rongga mulut dan diyakini lebih bermanfaat dibandingkan sikat gigi biasa. Faktanya praktik penggunaan siwak masih jarang di Indonesia, namun masih dinilai banyak masyarakat yang menggunakannya, terutama di kalangan komunitas muslim yang memiliki keyakinan kuat terhadap pedoman agama.Hal tersebut yang mendasari tim peneliti yang juga tergabung di dalam Pusat Studi Halal Universitas Airlangga untuk melakukan studi literatur. Khususnya pada studi literatur ini, ingin meninjau tentang perilaku konsumen muslim terhadap pemilihan produk halal siwak dalam kebersihan dan kesehatan mulut.

Dalam kenyataannya seseorang memiliki kesadaran dan sikap yang positif terhadap produk halal yang dapat menimbulkan motivasi untuk membeli dan mengarahkan orang disekitarnya untuk membeli produk halal. Kemudian berdasarkan studi literatur ini, pemilihan produk siwak sangat dipengaruhi oleh religiusitas seseorang. Dengan adanya studi literatur ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang produk halal dari bahan siwak yang aman dan praktis dalam kebersihan mulut dan gigi. Dari riset ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi pihak-pihak terkait dalam meningkatkan industri halal produk siwak.

Penulis: Tim Peneliti

Link jurnal terkait tulisan di atas: Susilowati., Bramantoro, T., Setyowati, D., Olivia, K.L., The Miswak (SalvadoraPersica) Chewing Stick: Muslim Consumer Behavior of Halal Oral Hygiene Product. International Journal of Pharmaceutical Research. 2020. Vol 12. Issue 4. Page 2745-2750.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu