Peran Perawat dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi RSUP Persahabatan

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami double burden, artinya masih berkutat dengan penyakit menular sekaligus penyakit tidak menular. Beberapa artikel menyebutkan bahwa tingginya angka kejadian penyakit salah satunya disebabkan karena kurangnya pendidikan kesehatan yang diterima oleh pasien oleh petugas kesehatan.  Pemberian pendidikan kesehatan ini merupakan salah satu kewajiban petugas kesehatan dan menjadi hak dari pasien baik yang menjalani rawat inap maupun rawat jalan. Petugas kesehatan yang intensif berinteraksi dengan pasien adalah perawat. Hal ini membuat perawat harus dibekali dengan kemampuan mengedukasi pasien dan keluarganya tentang perawatan kesehatan yang dibutuhkan. 

Kemampuan perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan harus meliputi pendidikan tentang upaya preventif (pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan), kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (mengembalikan fungsi ke normalitas). Kemampuan memberikan edukasi ini membutuhkan seni berbicara pada pasien dan keluarga pasien agar pesan tersampaikan dengan baik. Melihat pentingnya peran perawat di pelayanan kesehatan, artikel yang berjudul “The Phenomenon of Patient Health Education by Nurses in Hospital”memberikan gambaran kepada pembaca tentang bagaimana proses pemberian edukasi ini dilakukan oleh perawat kepada pasien dan keluarganya. Sehingga untuk mendapatkan informasi yang mendalam, artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenology. Pendekatan ini dipilih karena mampu memahami, menjelaskan, dan memberikan makna secara mendalam tentang pelaksanaan edukasi oleh perawat di Rumah Sakit.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berupa rekomendasi unuk peningkatan kemampuan para perawat dalam berkomunikasi pada pasien dan keluarganya untuk mengedukasi dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. 

Penulis: Ira Nurmala

Informasi detail dari studi artikel ini dapat dilihat Indian Journal of Public Health Research & Development, March 2020, Vol. 11, No. 03 (issn/e-issn: 0976-0245/0976-5506) halaman  1606-1609. Artikel dapat diakses melalui link berikut: http://www.ijphrd.com/scripts/IJPHRD%20March_2020%20(11).pdf

Cara Penulisan Sitasi: 

Fajriyanti, L.A., Nurmala, I., and Hargono, R. (2020). The Phenomenon of Patient Health Education by Nurses in Hospital. Indian Journal of Public Health Research & Development, 11(3), 1606-1609

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu