Persiapkan Dunia Kerja Lewat Tes Keprofesian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Dunia kerja saat ini tidak bisa disamakan dengan dunia kerja jaman dulu. Sebelum mengenal internet, susah untuk mencari informasi mengenai pekerjaan atau hanya untuk mengetahui berita yang sedang in atau trending.

Namun sekarang, masyarakat sudah dimudahkan dengan teknologi bernama internet. Semua informasi dapat dijangkau hanya dengan sekali klik pada handphone yang mereka miliki.

Dengan adanya internet, semua pekerjaan menjadi mudah dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Seperti halnya pengadaan lembaga sertifikasi profesi (LSP) oleh HIMA MB (Himpunan Mahasiswa Manajemen Perbankan) UNAIR. LSP diadakan secara daring karena adanya pandemi Covid-19.

LSP diadakan daring dengan panduan langsung dari dosen Universitas Airlangga Dr. Fitri Ismiyanti, SE., Msi. Penyampaian materi dilakukan beberapa jam sebelum tes dimulai. Sebelumnya, para peserta LSP mendapatkan materi H-2 sebelum ujian yang dikirim langsung oleh salah satu staf Universitas Airlangga kepada masing-masing peserta.

Isi dari kegiatan LSP sendiri dimulai dari pengenalan tentang LSP, penyampaian materi, tanya jawab, dan langsung dilanjutkan test LSP. Test terdiri dari beberapa soal yang berhubungan dengan materi yang disampaikan oleh dosen pembimbing.

LSP ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa D3 Manajemen Perbankan dapat lulus dan bisa mendapatkan sertifikasi profesi yang mana sertifikat ini bisa dicantumkan pada CV saat akan melamar pekerjaan.

“Menurut saya, LSP atau tes keprofesian mahasiswa D3 ini adalah suatu bentuk pembekalan dan penilaian mahasiswa pada semester akhir. Dengan mengikuti sertifikasi profesi ini mahasiswa diharapkan mampu untuk menjadi lulusan ahli madya yang siap untuk terjun di dunia kerja” ujar Dila Ketua Pelaksana LSP 2020.

Disa, salah satu peserta ujian LSP menuturkan, LSP bertemakan Credit Risk Modelling yang diadakan FEB UNAIR atas program kerja Keilmuan HIMA Manajemen Perbankan patut diapresiasi. LSP kali ini, lanjutnya, tergolong dasar karena kali pertama diikuti mahasiswa Manajemen Perbankan Angkatan 2018.

“Walaupun di tengah pandemi dan dilakukan daring namun tidak menyulitkan acara. Saya terkesan dengan LSP ini dan saya siap mengikuti sertifikasi selanjutnya,” lanjut Disa.

Penulis : Eka Febyanti

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu