Minyak Essensial Kulit Jeruk Lemon dan Candida Albicans

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh dokter sehat com

Oral candidiasis merupakan penyakit infeksipada rongga mulut yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini merupakan salah satu flora normal dalam rongga mulut. Pada kondisi tertentu, seperti penurunan sistem imun, Candida albicans dapat berubah menjadi penyebab infeksi dalam rongga mulut. Terapi menggunakan obat-obatan antijamur memiliki efek samping seperti resistensi (kekebalan kuman terhadap obat) dan toksisitas obat sehingga perlu alternatif terapi lain.

Jeruk lemon telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, karena mengandung sumber vitamin C dan antioksidan. Kulit jeruk lemon dapat diolah menjadi minyak essensial. Aktivitas antijamur kulit jeruk lemon diperoleh dari kandungan senyawa limonene dan senyawa pinene. Senyawa-senyawa tersebut mempengaruhi aktivitasbakteri Candida albicans sehingga menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme sel, menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kematian sel.

Tim Peneliti dari Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, melalukan penelitian menggunakan minyak essensial dari kulit jeruk lemon dengan beberapa konsentrasi terhadap Candida albicans. Hasil penelitian menunjukkan penurunan konsentrasi minyak esesnsial kulit jeruk lemon menyebabkan peningkatan pertumbuhan Candida albicans.

Minyak esensial kulit jeruk lemon konsentrasi 0.78% merupakan konsentrasi terendah yang mampu menghambat pertumbuhan Candida albicans, sedangkan konsentrasi 1.56% merupakan konsentrasi terendah yang dapat membunuh Candida albicans. Minyak esensial kulit jeruk lemon dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans karena adanya senyawa aktif yang bertindak sebagai antijamur. Limonene, memiliki efek kuat terhadap Candida albicans dengan menghambat sintesis pertumbuhannya. Selain itu limonene juga mengubah struktur pektin dinding sel Candida albicans sehingga mengganggu kemampuannya untuk melekat pada epitel rongga mulut.

Efek antijamur minyak esensial kulit jeruk lemon juga dipengaruhi oleh kandungan citral dan linalool. Citral mempengaruhi struktur sel, menghambat perkembangan sel, dan mengganggu pernafasan sel. Linalool dapat menghambat produksi enzim yang melindungi membran sel. Dari hasil penelitian awal ini dapat disimpulkan bahwa minyak esesnsial dari kulit jeruk lemon dapat digunakan sebagai bahan alam yang dapat digunakan untuk terapi oral candidiasis yang disebabkan oleh Candida albicans.

Penulis: Fatma Yasmin Mahdani, drg., M.Kes.

Informasi detail dapat dilihat pada tulisan kami di: F.Y.Mahdani, D.S.Ernawati, A.E.Parmadiati, B.Soebadi, D.Radithia, Y.A.Fauziahdan N.T.Priambodo. Effectiveness Of Citrus Limon Peel Essential Oil On Candida Albicans: In Vitro Study. Biochem. Cell. Arch. 2020; 20(Supp 1): 2957-2961.

http://www.connectjournals.com/toc2.php?abstract=3182900H_2957A.pdf&&bookmark=CJ-033216&&issue_id=Supp-01%20&&yaer=2020

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu